Mahasiswa Undip Ajarkan Cara Membuat Pencatatan Keuangan Sederhana Dengan Aplikasi Akuntansi UKM

Jakenan, Pati (19/7/2021). Memasuki minggu ketiga KKN, salah satu Mahasiswa KKN TIM II Undip, Ernawati, telah melaksanakan program 2 yaitu “Edukasi dan Implemntasi Penggunaan Aplikasi Akuntansi UKM untuk Pencatatan dan Pelaporan Keuangan”. Program ini dilaksanakan di Desa Jakenan dengan tujuan agar masyarakat desa tersebut dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran perharinya, sehingga dengan informasi tersebut memudahkan masyarakat untuk mengetahui arus keluar masuk uang. Dengan bantuan Aplikasi UKM, semua masyarakat baik ibu rumah tangga, pemuda, pembisnis, dan kalangan lainnya dapat mencatat arus keluar masuk uang karena aplikasi ini gratis dan memudahkan pencatatan. Pengguna hanya tinggal menjurnal kemudian semua laporan keuangan akan terbentuk secara otomatis.

Pencatatan Keuangan Sederhana Menggunakan Aplikasi AKuntansi UKM

Program ini dilaksanakan dalam bentuk seminar pelatihan online via google meet mengingat adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali dan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Program ini diawali dengan membagikan jadwal seminar dan link google meet di grup ibu-ibu PKK dan Kader Jakenan. Kemudian untuk memeriahkan seminar tersebut dibuatkan bahan ajaran yang berbentuk power point dan modul untuk memudahkan dalam memahami materi.

Power point untuk semiar pelatihan online
Share Jadwal Pelatihan Online ke Grup WhatsApp

Seminar dihadiri oleh pemuda baik yang memiliki bisnis maupun tidak, perangkat desa, dan masyarakat lainya. Program ini mendapatkan tanggapan yang baik oleh masyarakat. Salah satunya yaitu Pak Mul selaku masyarakat Desa Jakenan yang mengucapkan terimakasih karena setelah pelatihan tersebut beliau menjadi mengetahui bahwa ternyata ada aplikasi pencatatan keuangan dan termotivasi untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran uang perharinya. “Pelatihanya bagus mbak, saya jadi tau ada model aplikasi kayak itu, cocok buat nyatet keluar masuk uang setiap harinya” begitu kata Pak Mul.

Respon dari Masyarakat Terkait Seminar Pelatihan Online

Dengan adanya respon yang positif ini, diharapkan program “Edukasi dan Implemntasi Penggunaan Aplikasi Akuntansi UKM untuk Pencatatan dan Pelaporan Keuangan” dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat membantu masyarakat dalam pencatatan keuangan sehari-hari. Selain itu, diharapkan program ini juga dapat membantu pengusaha untuk menyajikan pencatatan keuangan sederhana yang bagus dan tidak dilakukan secara tradisional melalui buku lagi.

Penulis : Ernawati (Akuntansi, FEB, Universitas Diponegoro)

Editor : Lusi Nur Ardhiani, S. Psi., M.Psi