MAHASISWA UNDIP MENGAJAK MASYARAKAT DESA KALITENGAH MENINGKATKAN IMUNITAS DI TENGAH PANDEMI

Demak (22/7) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro tahun 2021 kali ini berlangsung dari tanggal 30 Juni 2021 hingga 11 Agustus 2021. KKN kali ini masih harus berlangsung ditengah pandemi Covid-19 di Indonesia. Adanya PPKM darurat selama masa KKN juga menjadi salah satu alasan KKN Undip Tim II tahun 2021 dilaksanakan secara online (daring). KKN Undip kali ini dilaksanakan secara individu oleh masing-masing mahasiswa dengan tema KKN yaitu “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Tujuan pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”. Salah satu program yang dilakukan mahasiswa Undip adalah dengan mengajak masyarakat Desa Kalitengah RT 05/RW 01 untuk meningkatkan imunitas di tengah masa pandemi Covid-19

Angka kasus Covid-19 di Indonesia yang masih cenderung tinggi, tentunya membuat kita harus menjadi lebih waspada akan terjadinya penularan Covid-19. Selain dengan menerapkan protokol kesehatan dengan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Membatasi mobilitas, & Menjauhi kerumunan), kita juga perlu menjaga dan meningkatkan imunitas selama masa pandemi ini. Apabila daya tahan tubuh kita tidak dijaga, penyakit dan virus juga lebih mudah untuk menyerang tubuh.

Edukasi dilakukan dengan mengirimkan poster beserta informasi melalui Whatsapp grup kepada warga RT 05/RW 01 Desa Kalitengah, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Poster yang dikirimkan pada warga disertai dengan penjelasan mengenai cara-cara peningkatan imunitas. Warga tampak antusias, beberapa warga bertanya tentang cara-cara peningkatan imunitas.

Poster Peningkatan Imunitas
Penyebarluasan melalui Whatsapp Grup

“Alhamdulillah untuk info dan poster yang mba Tika share di grup RT 05/ RW 01 sangatlah bermanfaat untuk warga” Tanggapan dari salah satu warga Desa Kalitengah RT 05/RW 01.

Penulis: Mustika Surya Hatmi – Ilmu Keperawatan

DPL: Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si., MT