Mahasiswa KKN Undip rawat Kesehatan Mental dengan Jurnal Belas Kasih Diri

Bekasi (19/7/2021), sebagai salah satu penanganan dampak Covid-19, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melaksanakan program bertemakan kesehatan mental yang merupakan aspek penting dalam mewujudkan kesehatan menyeluruh dan merupakan komponen penting dari penanggulangan Covid-19. Kenyataannya, pandemi Covid-19 juga mempengaruhi keadaan mental setiap individu, bukan hanya yang terpapar virus. KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2020/2021 dilakukan secara “pulang kampung” yaitu di lingkungan rumah masing-masing mahasiswa mengingat kondisi pandemi yang masih belum membaik. Program ini dilaksanakan secara daring melalui Google Meet dalam tiga hari berturut-turut, pada tanggal 16-18 Juli 2021, untuk menyesuaikan kesediaan warga RW 08 Kelurahan Jakasetia, Bekasi Selatan.

Program dengan judul “Berbelas kasih pada diri untuk berdamai dengan Covid-19”, menjelaskan materi berupa penjelasan singkat mengenai kesehatan mental dan belas kasih diri beserta komponennya. Dijelaskan juga contoh kecil untuk menerapkan belas kasih diri dalam bentuk jurnal atau yang biasa dikenal sebagai diary. Dengan belas kasih diri, harapannya individu dapat menumbuhkan mindset yang baik terhadap diri sendiri sehingga dapat terbuka akan permasalahan atau kesulitan yang dialami selama pandemi dan berusaha untuk menanganinya. Upaya yang dilakukan sebagai tindak lanjut atas program ini adalah dengan memberikan lembar kerja berupa jurnal yang diisi setiap hari melalui Google Form.

Warga mendukung pelaksanaan program ini dengan berpartisipasi aktif selama pelaksanaan bahkan dalam pengisian lembar kerja. Beberapa warga juga berkomentar bahwa adalah ini merupakan pengetahuan baru dan menarik untuk diketahui hasilnya. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat keinginan bagi warga sekitar untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kesehatan mental dan lebih peduli terhadap keadaannya masing-masing.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.