Mahasiswa KKN Undip Ajak Ibu-Ibu PKK Pahami Prosedur yang Harus Dilakukan Ketika Positif Covid-19 dan Pentingnya Vaksinasi

SURAKARTA, Semanggi (25/7/2021), Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia masih mengkhawatirkan hingga saat ini. Pemerintah memberlakukan kebijakan PPKM Darurat sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Seiring dengan adanya kebijakan pemerintah tersebut, membuat pelaksanaan KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2021 diselenggarakan secara full online. Tema yang diangkat pada KKN kali ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Salah satu mahasiswa KKN Undip, Yovi Kurnia Candra Aprilianto yang melakukan kegiatan KKN di RT 04 RW 13 Kelurahan Semanggi, melakukan sosialisasi tentang prosedur yang harus dilakukan ketika positif Covid-19 dan pentingnya vaksinasi Covid-19. Sosialisasi tersebut dilakukan di Whatsapp Group PKK RT 04 RW 13 Kelurahan Semanggi. Sosialisasi lewat Whatsapp Group dipilih menindaklanjuti Surat Edaran dari Universitas terkait pelaksanaan KKN secara full online dan masih masih dalam masa PPKM Darurat yang mana tidak memperbolehkan pertemuan yang dihadiri banyak orang, serta melalui Whatsapp Group PKK pula materi sosialisasi dapat dilihat oleh seluruh ibu-ibu PKK RT 04 RW 13 Kelurahan Semanggi karena ibu-ibu anggota PKK RT 04 sudah tergabung ke dalam Whatsapp Group seluruhnya. Adapun sosialisasi dilaksanakan pada Hari Senin, 19 Juli 2021. Materi sosialisasi dikemas dalam bentuk poster yang dibuat menarik agar dilihat dengan saksama oleh ibu-ibu PKK.

Pelaksanaan Sosialisasi Melalui Whatsapp Group PKK
Poster Prosedur yang Harus Dilakukan Ketika Positif Covid-19

Materi sosialisasi pertama berisi tentang prosedur yang harus dilakukan ketika positif Covid-19. Pertama, lakukan isolasi mandiri. Isolasi mandiri berguna agar tidak menulari orang terdekat. Kedua, hubungi RT dan RW tempat tinggal anda. Dengan memberi tahu pada tingkat RT dan RW, biasanya laporan anda akan diteruskan ke kelurahan. Setelah itu, kelurahan akan melakukan pendataan dan pelaporan ke puskesmas. Ketiga, hubungi dokter atau fasilitas kesehatan. Dokter akan memberi tahu segala hal mulai dari obat-obatan yang perlu anda minum, perubahan pola makan yang diperlukan dan segala perawatan yang perlu anda ikuti. Jangan pernah mengonsumsi obat apapun tanpa ada saran dari dokter. Keempat, makan makanan bergizi, minum air putih, dan perbanyak istirahat. Makan makanan sehat bergizi akan membantu meningkatkan sistem imun. Konsumsi banyak jenis sayuran, buah-buahan yang mengandung vitamin C dan D, dan makanan yang tinggi protein. Minum air putih mampu menjaga metabolisme tubuh tetap sehat. Dan istirahat yang cukup mampu membuat tubuh bugar sehingga sistem imun dapat terbentuk lebih kuat. Kelima, pantau gejala yang muncul. Selama menjalani isolasi mandiri, pantau apa saja gejala yang muncul, hari demi hari. Segeralah pergi ke rumah sakit apabila kondisi semakin memburuk.

Poster Vaksinasi Covid-19

Adapun materi kedua dari sosialisasi berisi tentang vaksinasi Covid-19. Vaksinasi memiliki peranan penting dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, mendorong terbentuknya herd immunity, dan meminimalkan dampak ekonomi dan sosial. Sedangkan, vaksin Covid-19 yang sudah mendapat izin untuk dipergunakan di Indonesia antara lain: Vaksin Sinovac, Vaksin Oxford-AstraZeneca, Vaksin Sinopharm, Vaksin Moderna, Vaksin Pfizer-BioNTech, Vaksin Novavax, dan Vaksin Merah Putih – BioFarma.

Penulis: Yovi Kurnia Candra Aprilianto – Ilmu Pemerintahan, FISIP, Universitas Diponegoro

Dosen KKN: Susatyo Nugroho Widyo Pramono, S.T., M.M