Mahasiswa KKN UNDIP dukung upaya peningkatan Gizi dengan sosialisasikan Gerakan Makan ikan

Demak (19/7/2021). Mahasiswa KKN Undip mengajak warga untuk mengkonsumsi ikan dan meningkatkan produktivitas ibu-ibu rumah tangga dengan edukasi olahan ikan. Salah satu strategi yang diambil untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan melalui program KKN, dengan melakukan sosialisasi kandungan gizi yang terdapat pada ikan dan cara mudah pembuatan olahan ikan. Program kerja ini dilakukan berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada masyarakat RT 03 Rw 12 Kelurahan Wonosekar, bahwa warga mempunyai nilai yang kurang dalam mengkonsumsi ikan, selain itu ada beberapa alasan seperti kurangnya pengetahuan mengenai olahan ikan dan terdapat beberapa ikan yang memang memiliki harga yang tinggi. Sehingga di putuskan untuk mengadakan sosialisasi mengenai olahan ikan dengan contoh olahan yaitu nugget ikan lele.

Proses pelaksanaan program KKN oleh Siti Maesaroh, Mahasiswa Departemen Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dengan Dosen Pembimbing KKN Dr. Naniek Utami Handayani., S.Si., MT., dilakukan dengan 2 jenis kegiatan yaitu sosialisasi dan pemberian contoh produk dari hasil diversifikasi. Sosialisasi (16/7/2021) di berikan kepada ibu-ibu Rt 3 dengan menjelaskan kandungan gizi dan manfaat mengkonsumsi ikan. Contohnya pemilihan ikan lele sebagai bahan olahan makanan untuk di olah, karena harga ikan lele yang terjangkau dan memiliki kandungan gizi yang baik. Kandungan gizi pada ikan lele yaitu protein, lemak, natrium, vitamin B 12, omega 3 dan omega 6 yang mempunyai manfaat untuk menyehatkan otak dan kinerja jantung.

Kemudian kegiatan di lanjutkan dengan menjelaskan cara pembuatan olahan nugget ikan lele yang mengacu pada leaflet “Petunjuk Pembuatan Nugget Ikan Lele” yang di bagikan kepada ibu-ibu yang dapat digunakan untuk catatan di rumah. Pada leaflet tercantum bahan- bahan, dan langkah-langkah untuk membuat nugget ikan lele. Makanan dari olahan ikan lele dapat menjadi alternatif ketika merasa bosan dengan masakan ikan yang biasa-biasa saja.

Program ini bertujuan agar masyarakat Rt 03 Rw 12 Kelurahan Wonosekar dapat menambah wawasan mengenai olahan ikan lele sebagai makanan yang mempunyai gizi tinggi, dapat memotivasi ibu rumah tanga di Rt 03 Rw 12 Kelurahan Wonosekar untuk mengolah ikan yang dapat tahan lama dan di sukai anak-anak, serta mengajak masyarakat untuk rutin mengkonsumsi protein hewani.

Penulis : Siti Maesaroh (Departemen Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing : Dr. Naniek Utami Handayani., S.Si., MT

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.