Sosialisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Memasarkan Produk

Di era digital seperti sekarang ini, tidak dapat dipungkiri penggunaan sosial media menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh masyarakat. Ditambah lagi dengan adanya pandemi covid-19 yang telah membatasi kegiatan masyarakat di luar rumah, semua kegiatan dialihkan secara daring (online). Dengan keadaan ini, penjual harus mengikuti perubahan zaman. Jika tidak, maka mereka akan tertinggal dengan para pesaingnya yang mulai memasarkan produknya secara modern.

Sosialisasi tentang “Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Memasarkan Produk” dilakukan bersama para pelaku UMKM yang ada di Desa Karangnangka. Mayoritas para pelaku usaha di Desa Karangnangka merupakan usaha olahan makanan. Sebagian besar dari mereka telah menggunakan sosial media sebagai sarana untuk memasarkan produknya. Namun, pemasaran produk yang dilakukan belum optimal. Dan sebagian lainnya belum menggunakan sosial media karena keterbatasan teknologi yang dimiliki. Sehingga pemasaran yang dilakukan masih sederhana dan tradisional. Dan mereka belum memikirkan untuk target pasar yang lebih luas. Kegiatan sosialiasi yang dilakukan terkait dengan manfaat pemasaran melalui sosial media dan manajemen sosial media yang dilakukan untuk mencapai optimalisasi sosial media seperti konten sosial media, melakukan perencanaan jadwal posting (pembuatan kalender posting), keterlibatan sosial media, dan integrasi saluran. Dalam jangka panjang, pemasaran melalui sosial media akan sangat bermanfaat pada keberlangsungan usaha. Kunci dari keberhasilan pemasaran melalui sosial media adalah konsistensi.

Penulis : Rizky Dwi Melli Yanti

DPL : Dr.rer.nat. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.