Antimainstream! “Si Gembul Gulu Palang” Datang Dari Mahasiswa KKN UNDIP

Kabupaten Tegal (24/7) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan edukasi cara menggosok gigi yang benar yaitu “ Si Gembul Gulu Palang” di RW 01 Desa Cilongok Kec. Balapulang Kab. Tegal dengan harapan mudah diingat dan dihafal dalam penerapannya.

Teknik menggosok gigi ini merupakan suatu hal yang penting dan harus diterapkan dengan cara dan teknik yang benar. Menggosok gigi bukan hanya persoalan cepat dan keras saja tetapi dilakukan dengan cara yang baik agar sisa makanan yang ada di dalam rongga mulut bersih sehingga tidak terbentuk plak yang lama kelamaan akan menyebabkan gigi berlubang dan karang gigi apabila dibiarkan begitu saja .

Si Gembul Gulu Palang ini merupakan sebuah singkatan yang artinya adalah “Si” Sikat gigi membentuk sudut 45 derajat, “ Gembul “ artinya permukaan luar dilakukan dengan cara gerakan membulat, “Gulu” artinya permukaan dalam dilakukan dengan cara menggosok dari arah gusi ke luar dan “Palang” artinya menggosok gigi pada permukaan yang digunakan untuk mengunyah yaitu kedepan dan belakang.

Tita Berlian (21) yang merupakan mahasiswa KKN UNDIP memberikan edukasi melalui grup whatsApp sehingga Tita Berlian (21) selalu membuat video edukasi yang menarik dan mudah untuk dimengerti. Meskipun KKN dilaksanakan secara daring bukan berarti menutup kreativitas mahasiswa dalam memberikan edukasi atau penyuluhan.

Gambar 1. Video Edukasi

Setelah diberikan video edukasi Tita Berlian (21) membuka sesi tanya jawab untuk anggota grup yang ada dan tanya jawab dapat juga dilakukan secara personal. Dalam hal ini Tita Berlian (21) tidak hanya memberikan video edukasi saja tetapi juga membagikan poster “Si Gembul Gulu Palang” untuk dipasang di pos posyandu Desa Cilongok Kec. Balapulang Kab. Tegal.

Gambar 2. Poster Edukasi

Gambar 3. Poster Edukasi

Penulis : Tita Berlian Septyane, Fakultas kedokteran, Prodi Kedokteran Gigi

DPL : Ir. Rudy Hartanto, S. Pt., M.P., Ph.D., IPM

#kkntimIIundip

#p2kknundip

#lppmundip

#undip

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.