MENGGEMPARKAN ! MAHASISWA KKN UNDIP AJARKAN ANAK-ANAK DAN REMAJA DUSUN JAMBON KENDAL UNTUK CEGAH GIGI BERLUBANG DENGAN SI PANJI !

Kendal (26/7). Masa pandemi COVID-19 tak kunjung usai di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan terbatasnya banyak aktivitas, salah satunya adalah pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Di masa pandemi COVID-19, dokter gigi membatasi pelayanan hanya untuk pasien darurat.

Dengan pembatasan ini, banyak timbul masalah kesehatan gigi dan mulut. Salah satu contoh masalah kesehatan gigi dan mulut adalah gigi berlubang. Gigi berlubang disebabkan oleh banyak faktor, antara lain tidak rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut, dan sering mengonsumsi makanan tinggi gula seperti permen. Gigi berlubang ini paling banyak di temukan pada anak-anak dan remaja awal.

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Tim 2 Undip tahun 2021 mengajak anak-anak dan remaja Dusun Jambon RT 03 RW 02 Pageruyung untuk melakukan pencegahan gigi berlubang. Mahasiswa KKN melakukan edukasi pencegahan gigi berlubang dengan media poster yang berjudul “Cegah Gigi Berlubang ? Si Panji aja !”. Edukasi diberikan melalui media daring yaitu grup whatsapp.

Anak-anak dan para remaja RT 03 diberi edukasi mengenai apa itu gigi berlubang, apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya. Edukasi diberikan melalui media poster dan video tutorial menyikat gigi. Kedua media dibuat semenarik mungkin agar para anak-anak dan remaja tertarik mengikuti seluruh kegiatan edukasi yang diberikan.

Pada pelaksanaan kegiatan, para peserta edukasi sangat antusias terhadap edukasi yang diberikan. Edukasi berlangsung interaktif, karena banyak peserta yang mengajukan pertanyaan mengenai cara-cara yang baik mencegah gigi berlubang. Selain itu, anak-anak dan para remaja juga diajarkan cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Dengan adanya edukasi ini, para orang tua dari peserta edukasi di RT 03 mengharapkan anak-anaknya sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut serta rajin menyikat gigi agar terhindar dari gigi berlubang.

Penulis : Sectio Aprista/22010218120012/Kedokteran Gigi/Fakultas Kedokteran

DPL : Dr. Agus Suherman, S.Pi, M.Si

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.