Kurangi Penularan COVID-19, Mahasiswa UNDIP Sosialisasikan Pentingnya Vaksinasi Kepada Masyarakat

Demak (26/07) – Angka penyebaran COVID-19 di Indonesia semakin tinggi. Dengan adanya hal tersebut, perlu dilakukan penanganan yang baik untuk mencegah dan mengurangi angka penyebaran COVID-19. Di sisi lain, pemerintah Indonesia sedang menggalakkan program vaksinasi COVID-19. Namun, masih banyak warga yang merasa takut dan enggan untuk mengikuti vaksinasi tersebut. Oleh karena itu, Mahasiswa Tim II KKN Undip 2021 akan melakukan sosialisasi mengenai pentingnya vaksinasi COVID-19. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat desa Mijen.

Nur Maftakhiyatul Jannah, Mahasiswa jurusan Statistika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro, didampingi dosen pembimbing lapangan Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si., M.T., melaksanakan KKN di Desa Mijen, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Salah satu program yang diusung dalam kegiatan KKN Afta adalah “Pembagian Pamflet Mengenai Pentingnya Vaksinasi Covid-19”. Program tersebut dibuat dengan tujuan agar masyarakat bisa mendapatkan informasi serta pemahaman mengenai vaksinasi yang akan membuat masyarakat tidak merasa takut untuk melakukan vaksin. Program ini dilakukan dengan membagikan dan menyebarkan pamflet serta mensosialisasikan atau menjelaskan kepada masyarakat, agar masyarakat tersebut bisa memahami pentingnya vaksinasi COVID-19.

Pembuatan Desain Pamflet mengenai Pentingnya Vaksinasi COVID-19 menggunakan Canva

Program pembagian dan penyebaran pamflet dilakukan secara offline dan online. Penyebaran secara offline dilakukan dengan membagikan pamflet kepada beberapa orang yang ditemui dijalan serta menempelkan di tempat-tempat tertentu yang sekiranya banyak dikunjungi oleh masyarakat seperti balai desa dan masjid. Penyebaran secara online dilakukan dengan menyebarkan di grup-grup WhatsApp yang berisi masyarakat Desa Mijen. Proses sosialisasi dilakukan secara langsung kepada masyarakat yang ditemui saat membagikan pamflet. Selain itu, sosialisasi juga dilakukan kepada kaum muda pada 17 Juli 2021 melalui grup WhatsApp.

Penempelan Pamflet di Masjid Jami’ Mujahidin Mijen

Afta memberikan penjelasan mengenai vaksinasi agar masyarakat menyadari bahwa vaksinasi COVID-19 penting untuk dilakukan, sehingga mereka tidak lagi merasa takut untuk mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19. Afta berharap dengan adanya program ini dapat menjadi salah satu cara pencegahan COVID-19. Selain itu, diharapkan seluruh warga di Desa Mijen dapat ikut serta berperan secara aktif dalam pencegahan COVID-19.

Penulis                         : Nur Maftakhiyatul Jannah

Dosen Pembimbing     : Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si., M.T.