PPKM DARURAT LEVEL 4!!! MAHASISWA KKN UNDIP TIM II MELAKUKAN PELATIHAN PEMBUKUAN UNTUK PELAKU UMKM!!

Indramayu (26/07/2021)  Kuliah kerja nyata atau KKN universitas Diponegoro dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya, akibat pandemi Covid-19. biasanya dilakukan di sekitar kota dan kabupaten yang ada di Jawa tengah akan tetapi saat ini berbeda dilakukan tersebar di seluruh wilayah Indonesia terhitung sejak tanggal 31 juni sampai dengan 12 Agustus 2021.

            pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara struktur atau teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan meliputi harta kewajiban modal penghasilan dan biaya serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa yang ditutup dengan penyusun laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi pada setiap tahun.

Usaha mikro kecil (UMKM)  dan pelaku bisnis rumahan. Masih terbilang sangat sangat kecil untuk memahami pentingnya sistem administrasi keuangan dalam usaha. buku kas merupakan aplikasi catatan keuangan usaha atau UMKM yang digunakan oleh lebih dari 9,4 juta.buku kas adalah aplikasi keuangan berbasis mobil yang dapat membantu pelaku UMKM atau warung-warung kecil dalam pencatatan hasil penjualan atau pemasukan, serta pengeluaran dan hutang piutang secara digital dan catatan keuangan harian usaha, warung, UMKM.

Di dalam buku kas terdapat beberapa fitur-fitur transaksi yang mudah dipahami bagi pemula, pelaku UMKM atau warung-warung masih banyak yang belum memahami atau kesulitan dalam menyajikan laporan keuangan dengan benar.pelaku bisnis ini juga banyak yang mencampurkan uang pribadi dan uang bisnis sehingga tidak mengetahui secara pasti berapa perolehan keuntungan atau kerugian yang terdapat pada usaha mereka.

dalam pendampingan UMKM ini saya langsung menjalani pelatihan dan sosialisasi dengan penggunaan aplikasi buku kas secara langsung kepada pelaku usaha untuk pencatatan transaksi pemasukan dan pengeluaran. “saya berterima kasih kepada salah satu mahasiswa KKN Undip yang bersedia untuk memberikan pelatihan atau pendampingan dari awal bisnis.Dengan hal ini saya berharap penjualan juga selalu meningkat” Bu Aminah.

Rita – Mahasiswa KKN UNDIP TIM II – FEB 2018

DPL – Dr. Aminah S.H., M.Si