Mahasiswa UNDIP Lakukan Pemetaan Wilayah Desa Mijen, Demak, Jawa Tengah

Demak (26/07) – Data dan informasi geologi sangat bermanfaat dalam menyiapkan perencanaan pembangunan infrastruktur berbasis pengembangan wilayah. Salah satu data geologi adalah menyediakan informasi potensi bencana dalam pengembangan wilayah sebagai upaya pengurangan resiko bencana (disaster risk reduction) seperti gempa bumi, gelombang tsunami, gerakan tanah, likuefaksi, dan kebencanaan lainnya. Pemanfaatan data dan informasi geologi dalam perencanaan pembangunan infrastruktur diharapkan mampu menghasilkan infrastruktur yang berketahanan terhadap bencana terutama bencana geologi yang sulit untuk diprediksi waktu kejadiannya. Ketahanan terhadap bencana akan sangat bermanfaat untuk meminimalisir kerugian materi maupun non materi.

Amelia Candra Dwi Ningrum, mahasiswa jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, didampingi dosen pembimbing Dr. Naniek. Utami handayani, S.Si., M.T., melaksanakan KKN di Desa Mijen, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Salah satu program yang diusung adalah pemetaan geologi dan potensi Desa Mijen. Dengan adanya data dan peta geologi wilayah Desa Mijen, diharapkan dapat memudahkan pihak terkait dalam perencanaan pembangunan kedepannya, serta dapat dijadikan sebagai rujukan dalam pembuatan migitasi bencana di Desa Mijen.

Kegiatan pemetaan dilakukan secara daring menggunakan metode penginderaan jauh atau inderaja. Metode ini dipilih seiring dengan diberlakukannya PPKM Darurat di wilayah Demak. Kegiatan pemetaan ini dilakukan melalui berbagai tahap meliputi studi literatur, pengumpulan data, analisis dan pengolahan data, serta layout-ing peta.

Penulis  : Amelia Candra Dwi Ningrum

Dosen Pembimbing : Dr. Naniek. Utami handayani, S.Si., M.T.