VIRUS CORONA MENINGKAT !!! MAHASISWI KKN SOSISALISASIKAN BENTUK PENYESUAIAN HIDUP DITENGAH PANDEMI COVID-19

Semarang (29/07) – Salah seorang dari mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro yang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata di RW 04, Kelurahan Candi, Kecataman Candisari, Kota Semarang yang bernama Agriester Merani Karina Manik telah turut bekerjasama dengan Ketua RW 04 guna mengedukasi masyarakat mengenai Penyesuaian Gaya Hidup diTengah Pandemi Covid-19. Mengapa? Karena Covid-19 telah mengubah begitu banyak rutinitas harian dengan cara yang tidak diantisipasi siapa pun. Kini banyak orang yang terpaksa harus lebih banyak berada di rumah untuk meminimalkan risiko penularan. Namun, terisolasi dan berada di rumah dapat meningkatkan godaan untuk meninggalkan gaya hidup sehat. Seperti misalnya kurang memperhatikan asupan makanan yang masuk karena terlalu banyak makan camilan, junk food, dan makanan berkualitas rendah yang hanya memberikan kepuasan instan untuk lidah. Selain itu, aktivitas fisik pun berkurang karena aktivitas hanya di rumah saja.

Dengan perubahan gaya hidup yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, ada potensi normalisasi gaya hidup yang berbeda. Perubahan gaya hidup kita pada saat ini sangatlah berbeda dengan sebelum munculnya covid-19. Lantas, apa saja yang menjadi penyesuaian gaya hidup kita ditengah pandemi saat ini?

Materi berbentuk Poster

Dalam hal ini penyesuaian gaya hidup ditengah pandemi Covid-19 bukan hanya berupa pada makanan dan minuman sehari-hari namun kegiatan kita juga harus menyesuaikan dengan pandemi saat ini, hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 terhadap diri sendiri, keluarga maupun lingkungan. Sosialisasi mengenai Penyesuaian Gaya Hidup di Tengah Pandemi kepada masyarakat telah dilaksanakan pada tanggal 16 hingga 18 Juli 2021 melalui Grup WhatsApp. Dalam hal ini bentuk penyesuaian gaya hidup pada saat ini dapat dimulai dengan cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan mencuci tangan pakai sabun kita telah melakukan tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman.

Poster CTPS

Kemudian bentuk penyesuaian gaya hidup ditengah pandemi lainnya ialah dengan menggunakan Double Mask, Penggunaan masker double yang dianjurkan adalah menggunakan masker medis bagian dalam ditambah masker kain di bagian luar. Ajuran menggunakan masker double dapat meningkatkan filtrasi masker sehingga bisa meningkatkan perlindungan dan menurunkan risiko tertular Covid-19. Dr Adam Prabata, Phd Candidate di Medical Science Kobe Unversity di instagram menjelaskan, efektifitas menggunakan masker double terbukti nyata menyaring droplet yang berasal dari saluran pernapasan. Persentase partikel yang terblokir pada percobaan simulasi batuk pada masker bedah mencapai 56,1%. Sedangkan pada masker kain saja, partikel yang terblokir mencapai 51,4%. Persentase partikel yang terblokir jika seseorang menggunakan masker medis yang dilapisi masker kain bisa mencapai 85,4%.Maka dari itu dengan kita memakai double mask kita sudah mengurangi tinggat penyebaran virus tersebut.

Poster Double Mask

Terakhir yang menjadi penyesuaian gaya hidup ditengah pandemi ialah melakukan Vaksinasi, karena vaksinasi adalah pemberian Vaksin dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

Poster Vaksinasi

Bentuk kegiatan ini dilaksanakan dengan cara menyebarkan video presentase mengenai CTPS, Double Mask dan Vaksinasi melalui Grup WhatsApp yang berisikan masyarakat RW 04, Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari. Melalui Peyebaran video dan gambar presentase, masyarakat setempat telah menerapkan bentuk penyesuaian gaya hidup tersebut dalam bentuk foto yang dikirimkan kepada mahasiswi KKN.

Warga RW 04 Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari, Kota Semarang sudah mulai membiasakan diri dengan CTPS

Sehingga dari hal ini dapat kita lihat bahwasanya warga RW 04 mampu untuk menerapkan penyesuaian gaya hidup tersebut, dan diharapkan akan tetap dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Masyarakat Sudah Menggunakan Double Mask setelah materi Penyesuaian Gaya Hidup di Sosialisasikan

Ayo Kita Cegah Penularan COVID-19 dengan CTPS, DOUBLE MASK dan VAKSINASI.

Warga RW 04, Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari Kota Semarang BISA !

Kamu Juga Bisa!

Penulis : Agriester Merani Karina Manik ( Hukum/2018 )

Pembimbing : Romadhon, S.Pi., M.Biotech