Penggunaan Masker Ganda Lebih Efektif Mencegah Corona, Mahasiswa KKN Undip Memberikan Pelatihan Pembuatan Masker Kain di Desa Bakaran Kulon

Bakaran Kulon, Pati (14/07) – Semakin meningkatnya penyebaran virus Covid-19 menyebabkan setiap masyarakat untuk lebih berhati – hati dalam beraktivitas. Masyarakat masih sering lengah dalam menjaga protokol kesehatan seperti kurangnya kesadaran dalam memakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19 sehingga kasus penyebaran covid semakin meningkat. Oleh karena itu, perlunya masyarakat memiliki kesadaran dalam penggunan masker ganda untuk mengurangi atau mencegah penyebaran virus Covid-19.

Kain bekas belum banyak dimanfaatkan oleh warga Desa Bakara Kulon. Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut maka Laili Nuri Hanun, Mahasiswi jurusan Agroekoteknologi Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan KKN TIM II UNDIP 2021 mengadakan pelatihan pembuatan masker kain kepada masyarakat guna menekan angka penyebaran Covid-19. Dengan adanya kebijakan PPKM yang sedang berlangsung, maka kegiatan pelatihan tersebut dilakukan secara online kepada warga Desa Bakaran Kulon, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Video Tutorial Youtube Cara Pembuatan Masker Kain
Leaflet Cara Pembuatan Masker Kain
Leaflet Cara Pembuatan Masker Kain

Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu (13/07/2021) dengan pembuatan video tutorial pelatihan pembuatan masker kain dari kain bekas, membagikan leaflet dan link video Youtube. Pembagian video tutorial dan leaflet dibagikan secara online melalui grup WhatsApp.

Praktik Pembuatan Masker Kain oleh Kader PKK Desa Bakaran Kulon
Praktik Pembuatan Masker Kain oleh Kader PKK Desa Bakaran Kulon

Dengan adanya video tutorial dan leaflet diharapkan pelatihan pembuatan masker dilakukan secara mandiri oleh anggota kader Ibu – ibu PKK. Sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan kain bekas menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi.

Penulis : Laili Nuri Hanun (Agroekoteknologi, FPP, Universitas Diponegoro)

Editor : Lusi Nur Ardhiani, S.Psi., M.Psi.