Untung Dua Kali Lipat!!! Mahasiswa KKN Undip Memberikan Pelatihan Produktif Penghasil Cuan di Masa Pandemi dan Berperan dalam Pemutusan Rantai Covid-19.

Bakaran Kulon (14/07/2021) – Dalam rangka pemutusan rantai penyebaran Covid-19, Universitas Diponegoro mlaksanakaan KKN pulang kampung pada tanggal 30 Juni-12 agustus 2021. Tema yang diangkat oleh KKN TIM II Undip yaitu “Optimalisasi Potensi Sumber Daya di Tengah Pandemi COVID-19 untuk Menyongsong Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”.

Rendahnya kesadaran masyarakat Bakaran Kulon akan kesadaran menjalankan prokes membuat angka kasus Covid-19 di Desa Bakaran Kulon meningkat. Dengan meningkatnya kasus yang terjadi maka pihak desa dan didukung oleh pemerintah menerapkan pembatasan kegiatan secara berkala. Sehingga, berdampak pada kegiatan perekonomian beberapa warga Desa Bakaran Kulon. Maka dari itu, guna menindak lanjuti permasalahan Pandemi Covid-19, Monica Pricilia sebagai salah satu mahasiswa KKN TIM II Undip di Desa Bakaran Kulon ikut berperan dalam membantu pencegahan Covid-19. Edukasi dan Pelatihan dilakukan secara Online melalui unggahan video di Youtube.

Vedeo Produktif Penghasil Cuan di Masa Pandemi Covid-19

Edukasi yang diberikan dalam bentuk leaflet pelatihan pembuatan Handsanitizer secara mandiri sesuai dengan anjuran WHO guna mencegah rantai penyebaran Covid-19 dan juga membantu Ibu Rumah Tangga  dalam mengembangkan perekonomian yang terdampak Covid-19 dikarenakan dengan modal tujuh ribu rupiah dapat mendapatkan keuntungan tujuh hingga sepuluh ribu rupiah.

Leaflet Edukasi Pentingnya Handsanitizer
Leaflet Cara Pembuatan Handsanitizer Sesuai WHO

Pelatihan secara virtual ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Desa Bakaran Kulon terutama ibu rumah tangga Desa Bakaran Kulon.

Komentar Penonton Youtube

Pelaksanaan program ini dilakukan secara mandiri oleh Kader Ibu-Ibu PKK Desa Bakaran Kulon pada hari Rabu (13/07/2021) dengan berpedoman pada video demonstrasi yang telah diberikan. Bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan dan terjangkau harganya.

Praktik Pembuatan oleh Kader PKK
Praktik Pembuatan Handsanitizer oleh Kader PKK Desa Bakaran Kulon

Penulis : Monica Pricilia (Manajemen, FEB, Universitas Diponegoro)

Editor : Lusi Nur Ardhiani, S.Psi., M.Psi.