SEMANGAT PEDULI SEKITAR, MAHASISWA UNDIP GAUNGKAN ETIKA BATUK DEMI MENGURANGI PENYEBARAN COVID-19.

KOTA DEPOK, (23/07/2021) – – Hampir dua tahun sudah pandemi covid-19 melanda dunia khususnya indonesia dan seiring dengan meningkatnya kasus covid-19 ini yang tidak sedikit memakan korban jiwa di dalamnya, pemerintah indonesia dinilai sudah cukup tanggap dalam mencegah penularan covid-19  seperti menerapkan PPKM dan kebijakan lainnya. Namun dengan adanya kebijakan untuk tidak keluar rumah  di masa pandemi ini, mungkin banyak dari kita yang masih harus pergi keluar rumah karena kepentingan mendesak. Maka dari itu, penting untuk mematuhi semua protokol kesehatan yang berlaku saat kitau berada di luar rumah, seperti wajib memakai masker, tetap menjaga jarak aman dengan orang lain atau physical distancing demi  membantu mencegah penyebaran virus covid-19.

Menurut World Health Organization (WHO), virus corona dapat tersebar melalui droplet dari air liur manusia, sehingga penularan dapat terjadi melalui terhirupnya udara yang mengandung droplet patogen yang dikeluarkan saat berbicara, bersin, dan batuk. Oleh sebab itu, penting bagi kita semua untuk mengetahui etika atau tata cara batuk dan bersin yang benar sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran dan penularan virus corona kepada orang lain.

Melihat situasi seperti ini Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021, Nabil Syafajri khadami (21)  melakukan sosialisasi dan menyebarkan brosur terkait pentingnya etika batuk demi mencegah penyebaran virus covid 19 khususnya di kelurahan Sukatani,Kecamatan tapos RW/016.sosialisasi ini juga bersinergi dengan pemudapemudi karang taruna yang berada di lingkunan tersebut,sosialisasi ini menjelaskan tentang Penerapan cara batuk dan bersin yang benar sebaiknya dilakukan kapanpun dan dimanapun sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus. Cara yang paling umum adalah dengan menutup mulut dan hidung saat batuk dengan menggunakan lengan atas bagian dalam karena bagian tersebut dapat menutup mulut dan hidung dengan optimal. Sedangkan menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin menggunakan telapak tangan sangat tidak disarankan karena droplet yang berisi patogen virus dapat disebarkan melalui sentuhan tanpa disadari, baik ke orang lain ataupun benda-benda yang disentuh.

Etika batuk dan bersin bukan hanya sekedar cara menutup mulut dan hidung saja, tetapi termasuk juga beberapa langkah dan cara yang tepat ketika batuk atau bersin, seperti:

1. Jangan lepaskan masker

2. Menjaga jarak dengan orang lain

3. Menutup mulut dan hidung dengan tisu bersih

4. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun

PENULIS : Nabil Syafajri Khadami

TIM II KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO 2020/2021

Dosen Pembimbing Lapangan : dr. Siti Fatimah P.,M.Kes.