Stop Nyampah, Mahasiswa KKN UNDIP Berbagi Strategi Minimasi Sampah Rumah Tangga Berbasis 5R

(Sukoharjo, 29/7) Kabupaten Sukoharjo yang merupakan kota besar, memiliki aktivitas yang kompleks dan pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi. Dengan tingginya aktivitas penduduk serta pertumbuhan penduduk, maka timbulan sampah yang dihasilkan pun berbanding lurus. Berdasarkan Kecamatan Kartasura Dalam Angka 2020, Kelurahan Gonilan memiliki jumlah penduduk sebanyak 6.481 jiwa. Dengan diberlakukannya kembali kebijakan PPKM Darurat atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat mulai tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 untuk menekan angka penyebaran Covid-19, maka aktivitas masyarakat kembali terfokus dirumah. Hal ini menyebabkan dapat terjadinya peningkatan produksi sampah rumah tangga.

Dengan adanya masalah sampah yang cukup mengkhawatirkan, maka mahasiswa KKN Tim II Undip Periode 2020/2021 di bawah bimbingan Bapak Dr. Sunarno, S.Si., M.Si. selaku dosen pembimbing KKN Undip berinisiatif untuk melakukan edukasi pemilahan dan pengelolaan sampah. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga adalah dengan penanganan dari sumber yaitu rumah tangga. Hal ini dapat diawali dengan adanya program pengelolaan sampah berbasis 5R yaitu Reduce, Reuse, Recycle, Rot dan Refuse.

Poster Edukasi Pemilahan dan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis 5R

Mengingat adanya pandemi maka kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara door-to-door dan memberikan penjelaan terkait cara pengelolaan sampah yang dapat diterapkan di rumah. Edukasi ini melalui perantara infografis yaitu sekebaran poster. Dengan adanya edukasi ini diharapkan warga lebih paham dan tahu akan pentingnya melakukan pengelolaan sampah sedari sumber serta menumbuhkan tingkat kepedulian lingkungan akibat dampak dari adanya sampah.

Sosialisasi door-to-door Edukasi Pemilahan dan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis 5R

Penulis : Riski Ayu Rosami
Editor : Dr. Sunarno, S.Si., M.Si.