HEBOH !!!! KASUS COVID-19 MENINGKAT MAHASISWA KKN PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN WARGA SEKITAR

Kendal (31/7). Pada bulan Juli, seluruh daerah di Indonesia mengalami peningkatan kasus penderita COVID-19. Peningkatan kasus ini disebabkan oleh kurangnya penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat, selain itu terdapat varian virus SARS-CoV2 Delta yang berasal India, disinyalir lebih mudah menular dibandingkan varian lain.  Peningkatan kasus COVID-19 juga terjadi pada RT 03 RW 02 Pageruyung Kendal, dimana terdapat beberapa warga yang positif COVID-19.

Berdasarkan survey dan pengamatan yang telah dilakukan, banyak warga RT 03 belum menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Selain itu juga banyak warga yang masih menggunakan masker kain saat berpergian. Menurut Kemenkes RI, untuk saat ini penggunaan masker disarankan untuk dua lapis. Penggunaan masker dua lapis ini berupa masker medis di bagian dalam dan masker kain dibagian luar. Penggunaan masker dua lapis diperkirakan lebih efektif untuk mencegah penularan COVID-19 jika dibanding hanya masker medis satu lapis atau bahkan hanya masker kain.

Dengan adanya hal tersebut, mahasiswa KKN tergerak untuk mengadakan edukasi mengenai pencegahan COVID-19 melalui 5M melalui poster yang dipasang pada 2 tempat di lingkungan RT 03 dan juga pemberian edukasi mengenai apa itu COVID-19, gejala COVID-19 seperti batuk, demam, flu serta edukasi mengenai apa yang harus dilakukan saat para warga positif COVID-19 dan diharuskan melakukan isolasi mandiri menggunakan media leaflet.

Kegiatan pemasangan poster di 2 tempat berjalan lancar, dan masyarakat tertarik membaca poster tersebut ketika sedang melewati tempat pemasangan poster. Selain itu, pemberian edukasi menggunakan media leaflet dilakukan door to door. Pelaksaan kegiatan ini juga berjalan lancar, seluruh warga dari semua kalangan umur, tertarik mendengarkan edukasi yang diberikan mahasiswa KKN. Mahasiswa KKN juga membagikan paket yang berisi masker medis dan juga handsanitizer pada warga-warga yang mau mengikuti edukasi dengan baik.

Para warga menyampaikan bahwa mereka belum mengetahui mengenai penggunaan masker dua lapis, dan berharap dengan adanya edukasi ini, warga menjadi lebih sadar akan penggunaan masker dua lapis dan juga lebih memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Hal ini juga berkaitan dengan pencegahan penularan COVID-19 di lingkungan RT 03.

Penulis : Sectio Aprista

DPL : Dr. Agus Suherman, S.Pi, M.Si

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.