Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh yang Unik

Wonosobo (30 Juli 2021)- Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia menjadi salah satu tantangan yang sangat berat bagi pemerintah maupun masyarakatnya. Salah satu tantangan tersebut tentunya adalah bagaimana cara kita dapat bertahan di tengah pandemi seperti saat ini dengan selalu menjaga kesehatan tubuh supaya tubuh tidak mudah terpapar virus. Namun, sangat disayangkan jika masih ada sebagian kecil masyarakat yang kurang peduli terhadap kesehatan tubuhnya sendiri. Oleh karena itu, salah satu mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro yang berlokasi di Desa Kadipaten memberikan sosialisasi terkait cara menjaga sistem imun tubuh di masa pandemi Covid-19, karena sistem imun tubuh yang baik dan terjaga dapat menurunkan risiko penularan vius.

            Sosialisasi tersebut merupakan salah satu progam kerja dari pelaksanaan KKN TIM II Universitas Diponegoro yang dilaksanakan oleh peserta. Sosialisasi  dilaksanakan secara online dan memasang poster di beberapa tempat strategis seperti Kantor Kepala Desa. Meskipun dilaksanakan secara online tidak membatasi terlaksananya progam maupun antusias masyarakat. Harapannya melalui progam ini masyarakat lebih sadar untuk selalu menjaga kesehatan terutama untuk selalu menjaga sistem imun tubuh dengan mengonsumsi ikan selama masa pandemi Covid-19 ini. Gerakan rutin mengonsumsi ikan ini juga merupakan salah satu progam pemerintah yang sedang digencarkan dengan sebutan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang tentunya perlu kita dukung dengan sebaik mungkin.  

Perlu diketahui bahwa ikan merupakan salah satu makanan dengan kandungan gizi yang sangat tinggi, salah satunya yaitu asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 sendiri merupakan asam lemak yang sangat penting dan dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme, namun keberadaannya tidak dapat secara alami diproduksi oleh tubuh sehingga perlu mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan, tentu salah satunya adalah ikan. Selain kandungan asam lemak omega-3 ikan juga mengandung nutrisi lain seperti protein, karbohidrat, mineral, air, lemak omega-6, dan lemak omega-9 yang tentu sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Manfaat tersebut antara lain menjaga sisitem imun tubuh, mengurangi risiko kardiovaskular, meningkatkan kecerdasan otak, mempengaruhi senstitifitas insulin, dan masih banyak lainnya. Mari bersama-sama mencegah penularan virus dengan selalu menjaga kesehatan maupun sistem imun tubuh serta selalu menerapkan protokol kesehatan, karena dengan mencegah penularan Covid-19 berarti kita telah melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita (Nosa Putri Syalsabila- THP 2018).