KASUS COVID – 19 MENINGKAT, MAHASISWA KKN UNDIP SOSIALISASIKAN DAN BAGIKAN BUKU SAKU TERKAIT TINDAKAN PREVENTIF COVID-19

Kabupaten Tegal (31/7/2021) – Untuk ikut mensukseskan upaya pemerintah dalam menurunkan angka Covid -19 di Kabupaten Tegal, khususnya pada Desa Pekauman Kulon, Mahasiswa KKN UNDIP TIM II ikut berpartispasi dalam pembedayaan dan sosialsiasi mengenai kebiasaan dan tindakan preventif yang dapat menghambat penyebaran virus Covid-19.  Sosialisasi dan pemberdayaan ini ditargetkan kepada Anak – anak RT 06, RW 03, Kelurahan Pekauman Kulon, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode 2020/2021 Universitas Diponegoro Mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) melalui Kuliah Kerja Nyata”. Hal ini berkorelasi dengan permasalahan yang ada di masyarakat. Dimana kesehatan menjadi salah satu komponen yang dapat menunjang pembangunan berkelanjutan.

Gambar 1. Foto bersama dan sosialisasi setelah pembagian buku saku

Masyarakat umumnya masih kurang menyadari pentingnya mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan sehari – hari. Apalagi anak – anak yang masih kecil. Umumnya anak – anak sering terlihat lalai dalam menggunakan dan mempraktekan protokol kesehatan pada masa pandemi seperti sekarang ini. Hal ini dikarenakan mereka belum dapat memahami lebih dalam mengenai bahaya dan dampak dari virus corona itu sendiri bagi diri mereka dan individu sekitar mereka. Dengan adanya latar belakang permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Undip ikut membantu dan mengajak anak – anak untuk mulai membiasakan diri menaati protkol kesehatan yang telah ditetapkan. Sosialisasi dan pemberdayaan ini dilakukan dengan menggunakan Buku Saku dengan ukuran yang kecil, sehingga dapat dengan mudah untuk dibawa ketika Anak – anak memang sedang bermain dan dapat dibaca kapanpun. Buku Saku juga didesign dengan menarik dan penuh warna dan gambar sehingga maksud dan tujuan dapat teraslurkan dan dimenegerti oleh anak- anak dengan baik, dan mereka tidak merasa bosan ketika harus membaca buku saku tersebut.

Gambar 2. Penjelas isi buku saku kepada masing – masing anak

Sosialisasi dan pembagian buku saku dilakukan di kediaman ketua RT 06, RW 03, Kelurahan Pekauman Kulon, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Sosialisasi dan pembagian buku saku tersbeut dihadiri oleh anak- anak RT 06 dengan didampingi oleh orang tua mereka sebagai wali dari tiap anak – anak. Kegiatan juga dilaksanakan dengan tertib dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Anak – anak terlihat antusias dengan adanya sosiaisasi dan pembagian buku saku mengenai tindakan prevenif untuk mencegak penybaran virus covid-19.

Gambar 3. Evaluasi dan tanya jawab mengenai isi buku saku

Penulis : Nurul Anisa Rahma / 12010118130205 / Manajemen / FEB

DPL    : Ir. Rudy Hartanto, S.Pt., MP,.Ph.D,. IPM.

#kkntimIIundip

#p2kkn

#lppmundip

#kknundip