KASUS COVID MENINGKAT DRASTIS!!! Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi Masyarakat Untuk Mengenal Tentang Gejala COVID-19, Penanganan Darurat, dan Prosedur Isolasi Mandiri

Gambar 1. Poster Edukasi Terkait Covid-19

Wonogiri (26/07/21). Keberlangsungan KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021 bertepatan dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Daerah Jawa dan Bali. Dapat diketahui, bahwasannya virus Covid-19 masih menjadi topik perbincangan hangat dari tahun 2020 hingga saat ini. Dari keterbasan pelaksanaan kegiatan KKN dengan melihat tingginya kasus positif Covid-19, Mahasiswa KKN UNDIP Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri membuat program kerja dengan tema Covid yaitu Edukasi melalui media poster dan booklet terkait Covid-19 tentang gejala, penanganan darurat, hingga prosedur isolasi mandiri yang benar. Edukasi ini dilakukan karena masih banyak masyarakat Saradan yang awam tentang virus corona, dengan kata lain belum memahami terkait gejala Covid-19, penanganan darurat, bahkan prosedur isolasi mandiri yang sesuai dengan anjuran Kemenkes.

Senin, 26 Juli 2021. Mahasiswa KKN UNDIP mengedukasi masyarakat tentang hal-hal yang berkaitan dengan Covid-19 dengan membuat poster dan booklet yang berisikan materi pengertian Covid-19, gejala Covid-19, 5M, penanganan darurat Covid-19, dan protokol isolasi mandiri. Kemudian melakukan edukasi via online melalui WhatsApp Group bersama Kader PKK Saradan dengan mengirim booklet dalam bentuk pdf, serta memposting booklet dalam bentuk gambar ke media sosial seperti: Instagram, Twitter, dan Facebook. Tak hanya itu saja, mahasiswa KKN UNDIP juga melakukan penempelan poster di tempat/lokasi strategis Desa Saradan seperti pos ronda/pos kamling, agar dapat dilihat & dibaca oleh setiap orang.

Gambar 2. Penempelan Poster di Tempat/Lokasi Strategis Desa Saradan

Dari pelaksanaan program kegiatan edukasi oleh Mahasiswa KKN UNDIP, diharapkan masyarakat Desa Saradan hingga pengguna media sosial dapat mengenal dan memahami terkait Covid-19. Selain itu dapat memberikan kesadaran masyarakat luas supaya mengikuti isolasi mandiri yang sesuai dengan anjuran Kemenkes, agar tidak adanya peluasan penyebaran virus Covid-19 di lingkungannya apabila terkonfirmasi positif. Dengan edukasi ini pula, masyarakat diharapkan lebih waspada dan menjaga diri beserta keluarganya dengan mengikuti protokol kesehatan dengan benar.

Editor: Dr. Sunarno, S.Si, M.Si (Dosen KKN)