Mahasiswi Undip Bawakan Program “BBM”, Masyarakat Bisa Tenang Bertransaksi dengan Pedagang

Bekasi (31/07/2021) – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir sudah menjalar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Warga masih dihantui dengan virus Covid-19 yang bisa menyerang kapan saja tanpa memandang profesi tak terkecuali para pedagang.

Pedagang di sekitar Kelurahan Kayuringin Jaya, Kota Bekasi yang berjualan secara offline dalam menjalankan pekerjaan sehari-harinya banyak berinteraksi langsung dengan pembeli. Namun, beberapa dari mereka belum mengetahui penerapan protokol kesehatan yang baik sehingga belum menggunakan masker dengan benar ataupun bahkan tidak menggunakan masker. Padahal, interaksi secara langsung dapat meningkatkan risiko penyebaran Covid-19.

Berdasarkan kondisi di lapangan tersebut, Salsabila Rizkia Gusman, salah satu mahasiswi dari Universitas Diponegoro yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan program “BBM” yaitu Bagi-Bagi Masker untuk para pedagang yang berjualan di sekitar Kelurahan Kayuringin Jaya. KKN Universitas Diponegoro dilaksanakan tanggal 30 Juni s/d 12 Agustus 2021 secara ‘pulang kampung’, yaitu mahasiswa melaksanakan KKN di tempat tinggal asal masing-masing.

Gambar 1. Pelaksanaan Program “BBM”: Bagi-Bagi Masker dan Sosialisasi kepada Pedagang

Pelaksanaan program dilakukan pada tanggal 24-26 Juli 2021 dengan membagikan masker kain sekaligus masker medis dan juga leaflet mengenai protokol kesehatan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilitas) secara langsung kepada pedagang yang sedang berjualan. Tidak hanya itu, mahasiswi KKN juga memberikan sosialisasi secara singkat terkait data kasus Covid-19, penerapan protokol kesehatan 5M, dan juga prosedur penggunaan double masking. Program “BBM” ini disambut baik oleh para pedagang, banyak dari mereka yang belum mengetahui anjuran penggunaan double masking. Setelah program ini dilaksanakan, diharapkan para pedagang dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik terutama dalam hal penggunaan masker supaya dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19 sehingga pembeli juga dapat merasa lebih tenang ketika bertransaksi secara langsung.

Gambar 2. Pelaksanaan Program “BBM”: Bagi-Bagi Masker dan Sosialisasi kepada Pedagang

Penulis: Salsabila Rizkia Gusman (S1 Statistika, Fakultas Sains dan Matematika)

Dosen Pembimbing: dr. Siti Fatimah, M.Kes.

Lokasi: Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi

KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021