Protokol Kesehatan Berjalan, Covid-19 Hilang!

Gambar 1. Sosialisasi dan Pembagian Masker kepada Salah Satu Warga Desa Dermaji

Sosialisasi penerapan protokol kesehatan (Prokes) terus digencarkan oleh berbagai pihak menanggapi banyaknya kasus yang terkonfirmasi positif, tidak terkecuali pada jajaran pemerintah Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Banyumas. Dalam rangka membantu upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19, mahasiswa KKN Undip melaksanakan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat (29-30 Juli 2021).

Sebelumnya pemerintah Indonesia telah mencanangkan gerakan 3M, namun gerakan tersebut sudah tidak relevan sehingga pemerintah mengembangkannya menjadi 5M. Gerakan 5M ini meliputi memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, mengurangi mobilitas & interaksi, dan menghindari adanya kerumunan.

Media sosialisasi yang digunakan adalah poster edukasi yang dipaparkan kepada warga secara gerilya, video singkat yang berisi penerapan protokol kesehatan 5M, dan pemasangan poster. Masyarakat menilai bahwa gerakan 5M ini sangat penting untuk diterapkan menyikapi semakin banyaknya kasus Covid-19 yang saat ini terjadi.

Gambar 2. Pemasangan Poster Protokol Kesehatan

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat lebih mengerti dan memahami pentingnya menerapkan protokol 5M dimasa pandemi.

Penulis                         : Devi Nurkhayati
Dosen Pembimbing    : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng.