INSPIRATIF!!! Mahasiswa KKN Undip Gandeng Generasi Muda Manfaatkan Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Gambar 1. Penyerahan Bahan Pembuatan Konektor dan Strap Masker

Wonogiri (1/8) – Mahasiswa KKN Undip lakukan program Pelatihan Pembuatan Konektor dan Strap Masker serta Sosialisasi Pembukuan Berbasis Aplikasi dengan BukuKas secara online sebagai bentuk kepatuhan pada protokol kesehatan. KKN Pulang Kampung yang bertema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”dilaksanakan mulai tanggal 30 Juli-12 Agustus 2021 di Dusun Mangli, Desa Giriwarno, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai semakin membuat masyarakat resah. Kebijakan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 terkadang membuat masyarakat semakin menderita. Salah satunya karena kebijakan tersebut mengakibatkan perekonomian masyarakat menjadi lesu. Bantuan yang diberikan nyatanya tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meminimalisir imbas kebijakan pemerintah di kala pandemi. Masyarakat harus mencari peluang baru agar ekonomi mereka tetap bergerak dan kebutuhan mereka bisa terpenuhi di masa sulit ini.

Melihat hal ini, Mahasiswa KKN Undip yaitu Alya Salsabilla Farasta dari jurusan Akuntansi Universitas Diponegoro dan rekan, membuat program pelatihan dan sosialisasi kepada generasi muda Dusun Mangli. Generasi muda dipilih karena dianggap lebih bisa menerima informasi yang diberikan dan lebih paham akan tren yang sedang terjadi di masyarakat di era pandemi. Kegiatan ini terbagi dalam dua tahap yaitu, pelatihan dan sosialisasi.

Pada Minggu, (18/7) dilakukan kegiatan pelatihan pembuatan konektor dan strap masker. Saat ini, konektor dan strap masker sangat dibutuhkan khususnya oleh para wanita dalam mengunakan masker yang membantu melindungi mereka dari virus Covid-19 sehingga, bila dikelola dengan baik bisa menjadi peluang bisnis. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan membagikan bahan konektor dan strap masker kepada peserta pelatihan. Media yang digunakan dalam pelatihan yaitu video yang di upload di youtube dan voice recorder di WhatsApp group tentang cara pembuatan konektor dan strap masker.

Gambar 2. Video Pembuatan Konektor dan Strap Masker

Setelah kegiatan pelatihan, dilakukan kegiatan sosialisasi  pada Jumat, (23/7). Kegiatan sosialisasi ini terdiri dari empat topik, salah satunya tentang Pembukuan Berbasis Aplikasi dengan BukuKas. Media untuk sosialisasi ini adalah dengan menggunakan video yang di upload di youtube dan membagikan modul kepada para peserta sosialisasi. Dalam sosialisasi ini dijelaskan mengenai fitur BukuKas dan diajarkan tentang cara melakukan pembukuan yang baik dan benar. Setelah seluruh rangkaian sosialisasi ini selesai, diberikan form evaluasi untuk melihat pemahaman dari peserta sosialisasi. Dan akan ada reward yang diberikan pada peserta sosialisasi dengan nilai tertinggi.

Gambar 3. Video Sosialisasi Pembukuan Berbasis Aplikasi dengan Buku Kas

Tujuan dari kegiatan pelatihan dan sosialisasi kepada generasi muda ini adalah untuk menggugah semangat generasi muda agar bisa membantu menggerakkan roda perekenomian yang sedang lesu dengan memanfaatkan peluang bisnis potensial di masa pandemi. Sehingga, para generasi muda ini bisa membantu perekonomian keluarganya yang mungkin terkena dampak dari adanya pandemi Covid-19 ini dengan memanfaatkan peluang bisnis yang ada, contohnya, dengan bisnis konektor dan strap masker.

Penulis: Alya Salsabilla Farasta (Akuntansi, FEB Undip)

Dosen KKN: Dr. Sunarno, S.Si., M.Si.

Lokasi KKN   : Dusun Mangli, Desa Giriwano, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri