Hadapi PPKM dengan Metode 3P+2J!

Tangerang (Juli, 2021) – Perkembangan kurva terpapar COVID-19 semakin melonjak hingga per Juli 2021. Angka yang bertambah ini membuat kekhawatiran masyarakat. Tindakan yang diambil pemerintah saat ini yaitu dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini bertujuan untuk menekan peningkatan penyebaran COVID-19. Namun, tidak semua masyarakat mengikuti ataupun memiliki kesadaran sendiri terhadap pandemi ini. Pada hal ini, yaitu warga RT 04 Kelurahan Pondok Pucung, Tangerang.

Gambar 1 Poster SDG’s Terkait Metode 3P+2J

Di masa PPKM ini, masyarakat tetap aktif melakukan pekerjaan dan aktivitasnya sehari-hari. Tentu saja, Protokol kesehatan menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan apalagi di tengah kondisi yang masih banyak terjadi penyebaran virus Covid-19 baik lewat udara, sentuhan, ataupun percikan air liur. Aktivitas yang berjalan ini juga tentu saja tidak bisa dihindari oleh masyarakat RT 04. Dengan dibuatnya sosialisasi metode 3P+2J ini, diharapkan warga RT 04 dapat semakin sadar bagaimana menjaga dirinya secara maksimal dan tentu saja akan berdampak pada berkurangnya penyebaran virus Covid-19 di wilayah RT 04 RW 06.

Leaflet Program K3.png
Gambar 2 Leaflet Program K3 dengan Metode 3P+2J

KKN yang dilakukan dan diimplementasikan  oleh mahasiswa KKN Tim II mendapat dukungan dari pejabat setempat dan masyarakat. Sosialisasi poster 3P+2J dan pembagian leaflet Program K3 dengan Metode 3P+2J di wilayah RT 04 RW 06 diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan dan membiasakan menjaga diri. Ditambah, keikutsertaan warga dalam penyebarluasan edukasi ini, contohnya pada leaflet ini juga membantu masyarakat sekitar menjadi sadar akan sikap yang perlu dilakukan dalam situasi seperti sekarang ini. Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia memang membuat perekonomian diseluruh negara mengalami penurunan, hal ini sangat dapat dirasakan langsung oleh rakyat, oleh karena itu memang kehidupan harus tetap berjalan dimana masyarakat harus tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan. Dengan dipraktekkannya metode 3P+2J ini diharapkan mampu membuat masyarakat semakin sadar tentang pentingnya menjaga diri dan tentu saja membantu mengurangi penyebaran virus COVID-19 ketika memasuki wilayah RT 04.