WOWWW! Mahasiswa KKN Undip Ajak Masyarakat Belajar Etika Dalam Belanja Online

Semarang (01/08/2021) – Pandemi Covid-19 belum usai membawa perubahan mobilitas masyarakat yang semula bertatap muka berubah menjadi sebisa mungkin dikerjakan dari rumah.  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menuntut masyarakat untuk di rumah saja serta menghindari tempat keramaian, yang mengakibatkan kegiatan transaksi belanja online meningkat pesat. Belanja online menjadi alternatif utama yang banyak dipilih masyarakat, yaitu dengan melakukan pembelanjaan secara digital dan layanan grocery pick up & aplikasi pengiriman.Faktor pendorong lainnya adalah banyaknya program promo yang ditawarkan oleh perusahaan e-commerce yang membuat banyak masyarakat menjadi tertarik belanja online. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami dengan baik mengenai cara untuk berbelanja online secara benar dan aman. Masih banyak ditemukan kasus penipuan jualan online yang membuat masyarakat merugi, konsumen tidak teliti dalam membaca informasi serta melihat gambar keterangan yang berujung komplen dan beberapa kali terjadi kejadian viral tentang pembeli memaki kurir COD karena barang yang dikirim tidak sesuai pesanan.

Prihatin oleh kondisi tersebut, Ragita Anggie Aprillia (21) Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis memberikan program tentang “Edukasi Etika Dalam Belanja Online”. Program tersebut dilakasanakan pada hari Jumat, 23 Juli 2021 dilakukan secara daring melalu aplikasi Whatsapp, dihadiri oleh Ibu-Ibu Pengurus PKK RW15 Kelurahan Sendangmulyo. Program ini bertujuan untuk memberikan ilmu kepada masyarakat RW 15 Kelurahan Sendangmulyo mengenai cara belanja online, sertaetika yang benar dalam belanja online agar tidak terjadi lagi kerugian-kerugian dalam belanja online. Melalui program ini, mahasiswa KKN diharapkjan dapat membantu mewujudkan goal SDG’s  No. 9 Industri, Inovasi dan Infrastruktur sesuai dengan tema KKN pada periode ini.

Program ini dilaksanakan dengan cara membagikan poster dan modul Etika Belanja Online di grup Pengurus PKK RW 15 pada pukul 19.30 WIB. Berikutnya Ibu-Ibu n memberikan tanggapan dan pertanyaan yang sangat menarik.Informasi yang telah didapat akan di informasikan  lebih lanjut ke grup masing-masing RT yang ada di RW 15 Kelurahan Sendangmulyo.

Pelaksanaan Program Edukasi Etika Dalam Belanja Online