Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Ajarkan Strategi Komunikasi Pemasaran Digital: Langkah Cerdas Memajukan Bisnis

Proses pengambilan foto produk UMKM Anak Lanang Rice Bowl untuk promosi digital

Semarang, (30/07/2021) UMKM merupakan salah satu penggerak utama perekonomian di Indonesia. Di tengah pandemi Covid-19, banyak pelaku UMKM yang terdampak, ditandai dengan penjualan yang terus mengalami penurunan, hambatan modal, sulitnya untuk bersaing dengan kompetitor, dan dampak lainnya.

Di era digital saat ini, platform digital dimanfaatkan untuk bersosialisasi, berinteraksi, mengakses informasi, hingga aktivitas jual beli. Memasuki 2021, strategi pemasaran modern tidak terbatas pada promosi offline, tetapi harus memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Langkah seperti ini disebut dengan #GoOnline yang memanfaatkan platform digital untuk memperluas jangkauan promosi.

Dalam penerapan promosi digital, dibutuhkan desain konten dan copywriting yang menarik. Oleh karena itu, Vidiana Girinda Wardani, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP melaksanakan edukasi mengenai panduan dasar strategi komunikasi pemasaran digital melalui teknik copywriting dan desain konten kepada salah satu pelaku UMKM di Kelurahan Manyaran, Semarang Barat. Mahasiswa memberikan edukasi kepada pelaku bisnis “Anak Lanang Rice Bowl” yang baru saja merintis bisnisnya pada awal tahun 2020.

Edukasi kepada pemilik UMKM Anak Lanang Rice Bowl

Jati (23) sang pemilik usaha yang juga seorang mahasiswa ini menuturkan bahwa penjualan mulai menurun, terutama selama diberlakukannya PPKM ini.

“Penjualan sangat menurun, apalagi di tengah pandemi ini, pesanan sangat berkurang. Biasanya saya mendapat pesanan dari kantor-kantor di wilayah Semarang Barat, tetapi karena sekarang ini kebanyakan WFH ya jadinya pelanggan berkurang banyak”, jelas Jati.

Dalam edukasi tersebut, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP menjelaskan bagaimana tutorial menggunakan aplikasi Canva untuk desain konten, teknik mengambil foto, hingga teknik copywriting untuk promosi melalui media sosial Instagram. Selain itu, mahasiswa juga membantu untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai bisnis online kepada pemilik usaha.

Rice bowl sebelum dilakukan pengambilan gambar

Program edukasi strategi komunikasi pemasaran digital diharapkan dapat menambah talenta digital dan online marketing masyarakat. Dengan gerakan #GoOnline, menghadirkan konten yang eye- catching serta pemilihan kalimat iklan (Copywriting produk) yang informatif dan menarik untuk dipromosikan melalui berbagai platform digital yang dapat berdampak baik terhadap brand awareness maupun kenaikan penjualan.

Penulis: Vidiana Girinda Wardani (14040118130110/ Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Dosen Pembimbing Lapangan: Nuryanto, S.Gz., M.Gizi