Edukasi tentang 5M, Mahasiswi Undip Turun Tangan di Tengah Krisis Covid-19

Pembagian masker dan hand sanitizer kepada Satpam Perumahan

Bekasi, (2/8/2021) — Mahasiswi KKN Undip melaksanakan Program KKN dengan judul “Bersama Melawan Covid-19 dengan 5M”, yang mana program ini dibuat untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya penerapan protokol Kesehatan, khususnya 5M, di tengah masa krisis Covid-19. Program KKN dilaksanakan di Kel. Harapan Baru, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi pada tanggal 30 juni-11 Agustus 2021.

Pandemi Covid-19 tak kunjung selesai dan peningkatan kasus Covid-19 yang juga terjadi di daerah Indonesia, misalnya Kota Bekasi, melatarbelakangi kegiatan program KKN kali ini. Salah satu penyebab meningkatnya kasus Covid-19 di Bekasi karena menurunnya kepatuhan warga Bekasi terhadap protokol kesehatan. Maka itu, perlu adanya edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan, khususnya 5M, agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk sepakat bersama menekan angka penyebaran Covid-19.

Menanggapi hal krisis ini, salah satu Mahasiswi Universitas Diponegoro, I Dewa Ayu Diah Pradnya Paramita (21), biasa dipanggil Dewa, tidak tinggal diam. Dewa yang juga merupakan salah satu mahasiswi Tim II KKN Undip menunjukkan kepeduliannya melalui Program Kuliah Kerja Nyata dari Universitas Diponegoro.

Pemasangan spanduk di depan pintu masuk perumahan
Pembagian masker dan hand sanitizer ke Rumah Warga RT 05

Melalui program KKN, Dewa melakukan pembagian masker dan hand sanitizer kepada Satpam dan Warga RT 05/ RW 10. Selain itu, pemasangan spanduk di depan pintu masuk perumahan dan pembagian stiker terkait Protokol Kesehatan 5M juga dilakukannya. Tidak lupa, penerapan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Program KKN berlangsung.

Desain spanduk dan stiker tentang Prokes 5M

Antusiasme warga terlihat pada Whats App Group Warga RT 05. “Alangkah baiknya kalau sebagian dititipkan kepada satpam utk siapa saja yg melintas dan membutuhkan. Bermanfaat utk pengemudi ojol yg terkadang memakai masker yg sudah kumal dan hand sanitizer berguna utk pembersih tangan karena mereka pegang macam2 dalam tugasnya,” Ujar salah satu Warga RT 05, Pak Hendrasly, Rabu (21/7/2021).

Adapun harapan besar terhadap Program KKN ini yaitu Satpam dan Warga Perumahan Duta Harapan memahami dan mampu menerapkan protokol kesehatan 5M dalam kegiatan apapun, terutama saat di luar rumah. Dengan ini, kita dapat lebih sepakat bersama melawan dan menekan penyebaran virus Covid-19 baik di Kota Bekasi maupun Indonesia dan dapat melakukan peran kita sebagai masyarakat untuk membantu pemerintah dalam memerangi virus Covid-19.

KKN UNDIP TIM II TAHUN 2021

Penulis: I Dewa Ayu Diah Pradnya Paramita, Akuntansi 2018

Dosen Pembimbing Lapangan: dr. Siti Fatimah, M. Kes.