Kurangnya Pengetahuan Berolahraga Semasa Pandemi, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi Online TEGAMEKDISAH

Kaligawe (02/08/2021) – Mahasiswa KKN UNDIP melakukan kegiatan sosialisasi yang ditujukan kepada Ibu PKK dan Kader RW 10 di Kelurahan Kaligawe secara online melalui WA grub, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Ibu PKK dan Kader RW 10 mengenai olahraga yang benar selama pandemi.

Kegiatan ini dilakukan pada hari sabtu pagi, saat ibu PKK dan kader tidak ada aktivitas. Keunggulan edukasi secara virtual ini bisa dibaca kapan saja dan dimana saja, serta jika ada materi edukasi yang kurang dimengerti bisa ditanyakan kapan saja kepada pembawa materi.

Kegiatan edukasi yang berjudul TEGAMEKDISAH (Tetap Berolahraga Selama Pandemi Meskipun di Rumah dengan senam SAH), kegiatan edukasi ini diawali dengan membagikan beberapa poster edukasi dari kemenkes dan germas untuk menambah pengetahuan dan menghindari informasi tidak benar yang beredar di media sosial .Edukasi ini berisi tentang durasi olahraga yang benar, mematuhi protokol kesehatan jika berolahraga diluar rumah, perbedaan aktivitas fisik dan olahraga, serta tips berolahraga dirumah yang lebih aman. Selain itu juga dipaparkan beberapa saran kegiatan oalahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Salah satunya senam SAH ( Stay At Home ).

Senam SAH ini merupakan senam yang diciptakan kemenpora sebagai alternatif olahraga dirumah seperti kebijakan pemerintah. Pada saat pemaparan senam Ibu PKK sangat antusias karena bisa melakukan senam kapan saja dan tentunya lebih aman, karena kegiatan senam yang biasanya dialakukan dihari minggu sedang tidak aktif dikarenakan pandemi.

Poster edukasi dan video gerakan senam dikirimkan melalui grub WA dan diharapkan bisa diterapkan Ibu PKK dan kader RW 10 di kehidupan sehari hari untuk hidup yang lebih sehat.

Kegiatan edukasi ditutup dengan memberikan waktu untuk Ibu PKK dan Kader RW 10 bertanya lebih lanjut mengenai program yang telah dipaparkan.

Kemudian pada minggu berikutnya dilakukan evaluasi dan monitoring untuk mengetahui  sejauh mana Ibu PKK dan Kader mengetahui dan paham terkait materi yang sudah disampaikan sebelumnya. Monitoring dan evaluasi dilakukan dengan menggunakan kuisioner berupa google form agar memudahkan ibu-ibu PKK dan Kader dalam pengisian kuisionernya. Selain itu Mahasiswa KKN Undip juga menyebarkan poster ke warga dan melakukan penempelan  poter mengenai TEGAMEKDISAH di sekitar Rusunawa Kaligawe dengan harapan agar warga tertarik dan tidak lupa untuk selalu berolahraga walaupun di rumah saja.

Penulis: Devy Kurniawati. Kedokteran ,Fakultas Kedokteran, UNDIP

DPL: Ir. Djoko Suwandono, MSP