KASUS COVID-19 SEMAKIN MENINGKAT, MAHASISWA KKN UNDIP BERI EDUKASI PENCEGAHAN COVID-19 MELALUI MEDIA POSTER, PPT, DAN PEMBAGIAN MASKER KEPADA WARGA.

Semarang (02/08/2021). Kenaikan kasus positif Covid-19 di beberapa daerah melonjak cukup tajam. Terlebih lagi Kota Semarang yang pada saat ini masuk zona merah virus Covid-19. Sehingga KKN tahun ini berbeda dengan KKN ditahun-tahun sebelumnya, KKN kali ini dilaksanakan secara individu di kampung halaman masing-masing mahasiswa. Dengan adanya KKN pulang kampung diharapkan mahasiswa UNDIP dapat ikut serta berpartisipasi membantu pelaksanaan program pemerintah untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Menyadari bahwa kasus positif Covid-19 di beberapa daerah masih tinggi, terutama di Kota Semarang sendiri. Saat ini salah satu mahasiswa KKN UNDIP asal Semarang tengah melakukan suatu program dalam membantu upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. Seperti yang kita ketahui, berbagai upaya penanggulangan sudah dilakukan pemerintah guna memutus rantai penularan COVID-19 mulai dari himbauan untuk menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menerapkan etika batuk dan bersin yang baik, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan tetap di rumah saja. Namun masih banyak juga yang menghiraukan akan hal tersebut sehingga menjadikan kasus positif COVID-19 di Indonesia makin bertambah setiap harinya. Akhirnya, untuk mengatasi lonjakan kasus positif Covid-19 yang semakin tinggi Pemerintah memutuskan untuk memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, untuk Pulau Jawa dan Bali yang dimulai sejak tanggal 3 Juli 2021 lalu. Dilakukannya pemberlakuan PPKM Darurat, akan meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat selama masa berlaku. Sehingga banyak dari masyarakat yang harus berada dirumah saja selama masa PPKM Darurat ini.

Mengetahui hal tersebut, Salma Lubna F.N, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro dari TIM II KKN UNDIP 202/2021 berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat setempat dengan melakukan kegiatan edukasi terkait bagaimana pencegahan penyebaran COVID-19 yang dilakukan secara online melalui WhatsApp Group dengan membagikan poster, ppt, dan diikuti dengan pembagian masker.

Gambar 1. Desain Poster Edukasi “Pencegahan Penularan Covid-19 dengan 5M-3T-Vaksinasi”

Gambar 2. Materi PPT Edukasi “Pencegahan Penularan Covid-19”

Gambar 3. Pembagian masker kepada warga

Fungsi poster yaitu menyampaikan pesan yang ingin kita sampaikan dengan singkat, jelas dan menarik karena menggunakan gambar dan juga memiliki warna yang bervariasi. Fungsi PPT sendiri juga digunakan agar informasi yang didapat oleh masyarakat mengenai pencegahan virus Covid-19 lebih terperinci dan jelas. Dan fungsi dari kegiatan pembagian masker sendiri adalah supaya masyarakat peka akan pentingnya menjaga protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Covid-19 yang lebih luas lagi. Dengan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga setempat dalam memutus rantai penyebaran COVID-19.

Penulis: Salma Lubna F.N / S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro
Dosen Pembimbing: Rosyida, S.P., M.Sc