Lonjakan Kasus Positif COVID-19, Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Protokol Isolasi Mandiri yang Benar

Semarang (30/07/2021). Kasus positif COVID-19 kian melonjak di tanah air sehingga pemerintah menerapkan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sedangkan di Kota Semarang sendiri, tercatat kasus positif COVID-19 mencapai angka 29.289 jiwa.

Penegakkan protokol kesahatan memang sangatlah penting. Namun, melihat angka kasus positif COVID-19 yang sangat tinggi ini, perlu diberikan perhatian khusus kepada masyarakat yang sedang dalam kondisi positif.  Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Tahun 2021 mengajarkan kepada warga Kelurahan Gayamsari bagaimana protokol isolasi mandiri yang baik dan benar. Kegiatan ini juga merupakan bentuk pengaplikasian tema dari KKN Tim II UNDIP Periode 2021 yakni “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”.

Kegiatan dilakukan dengan mencetak poster terkait protokol isolasi mandiri dan menempelkannya di sekitar kantor Kelurahan Gayamsari. Selain menggunakan media poster, Mahasiswa KKN juga mengadakan mini webinar melalui media Zoom Meeting yang ditujukan kepada warga RW 3 Kelurahan Gayamsari. Pada webinar ini, dibahas materi seputar COVID-19 yang sering menjadi pertanyaan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga Kelurahan Gayamsari, baik yang sedang positif COVID-19 maupun yang tidak, dapat memahami bagaimana protokol isolasi mandiri yang baik dan benar.

Oleh: Ashauma Aksanul Muttaqin – Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Djoko Suwandono, MSP