Terbukti Manfaatnya! Mahasiswi KKN UNDIP Beri Tips Mengatasi Burnout Akademik Akibat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Kelurahan Jagakarsa (2/8/2021). Selama pandemi COVID-19, tantangan yang harus dihadapi siswa saat ini erat kaitannya dengan pembelajaran yang dilakukan secara online/jarak jauh. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tentunya memiliki kelebihan seperti jangkauan belajar yang tidak terbatas ruang dan waktu. Namun, setelah dijalani lebih dari satu tahun lamanya, salah satu dampak yang ditimbulkan dari PJJ adalah burnout akademik. Burnout akademik merupakan perasaan lelah, frustrasi, kurangnya motivasi dan minat dalam memenuhi tugas, serta penurunan kemampuan di sekolah sebagai reaksi emosional, fisik, mental, karena tuntutan studi yang berlebihan dan berkepanjangan. Di bawah tekanan dan beban akademis yang berlangsung lama, siswa mudah mengalami burnout.

Salah satu mahasiswi peserta KKN Tim II UNDIP 2020/2021 Theresia Steffany, berinisiatif untuk membuat program yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai burnout akademik, bagaimana ciri-cirinya, apa saja penyebabnya, bagaimana dampak yang ditimbulkan, serta cara mengatasinya. Kegiatan ini dilakukan dengan mensosialisasikan poster elektronik dan mengadakan sesi sharing bersama melalui Whatsapp Group warga RT setempat. Selain itu, poster juga ditempelkan di sudut-sudut wilayah RT yang sering dilewati warga setempat ketika mereka mereka hendak bekerja, pergi berbelanja, atau berjalan kaki menuju Masjid di depan gang untuk shalat. Tujuan dari penempelan poster ini adalah agar warga non-partisipan kegiatan KKN dapat tetap teredukasi.
Setelah program dilaksanakan, partisipan siswa SMP-SMA di wilayah RT setempat berbagi cerita bahwa mereka sedang berada dalam kondisi yang sama dengan ciri-ciri burnout akademik. Partisipan mengatakan bahwa pengetahuan dan tips-tips yang diberikan dalam poster edukasi bermanfaat bagi mereka dalam mengurangi tingkat burnout akademik.
Oleh: Theresia Steffany
DPL KKN: Muhammad Mu’in, S.Kep., M.Kep., Ns.S