KASUS COVID MASIH TERUS MENINGKAT, MAHASISWA UNDIP AJAK MASYARAKAT MENJAGA KESEHATAN MENTAL DIMASA PANDEMI

Kab.Demak,Kelurahan Kebonbatur (02/08) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim II Periode 2021 dilaksanakan sangat berbeda dari biasanya. Pelaksanaan kali ini dilaksanakan secara daring di kampung halaman masing – masing. Hal ini dikarenakan karena Pandemi Covid-19 masih belum berakhir di negeri ini.

Munculnya varian baru Virus Covid-19 ditambah banyaknya korban berjatuhan serta meningkatnya jumlah kasus positif Covid di Indonesia membuat masyarakat menjadi resah dan ketakutan.

Melihat situasi ini, Vinsensia Bertha Vania seorang mahasiswi UNDIP yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tim II UNDIP berinisiatif untuk membuat sebuah psikoedukasi yang berjudul “KESEHATAN MENTAL SAMA PENTINGNYA DENGAN KESEHATAN FISIK” untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik.

Psikoedukasi dilaksanakan dengan cara mengunjungi beberapa ketua RW dari kelurahan Kebonbatur yang kemudian diberikan sosialisasi dan pemahaman tentang Kesehatan Mental serta mendengarkan dan menjawab keresahan warga terkait kecemasan yang mereka alami.

Dengan adanya sosialisasi dan psikoedukasi ini harapannya masyarakat kelurahan Kebonbatur dapat lebih meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental dan lebih mampu mengendalikan kecemasan dan ketakutan dimasa pandemic. 

Penulis : Vinsensia Bertha Vania

Fakultas : Psikologi

DPL : Dr.Ir. Suryanti,MPi