Wow! Mahasiswa Undip Kenalkan Bakso Seaweed Yang Sehat dan Bergizi Cocok di Masa Pandemi

Kedungmundu, Tembalang, Semarang (2/8), dimasa pandemi saat ini, makanan bergizi tentu sangat dibutuhkan untuk menjaga imun tubuh selain vitamin dan istirahat yang cukup. Beberapa makanan telah ditawarkan sebagai penambah imun, salah satunya dengan bahan dasar alami. Olahan makanan berbahan dasar alami memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahan dasar alami dan bergizi yang digunakan adalah tepung karagenan. Tepung karagenan merupakan senyawa yang diekstraksi dari rumput laut merah yang dapat digunakan sebagai pengenyal, pengental dan penstabil makanan.

Vira Meillyana Mustofa mahasiswi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang tergabung dalam KKN TIM II Tahun 2021 memberikan edukasi kepada warga RT 07 RW 08 Kelurahan Kedungmundu, Tembalang, Semarang yaitu cara pengolahan bakso seaweed berbahan dasar tepung karagenan. Bakso umumnya diolah dengan bahan baku daging. Komponen daging yang terpenting dalam pembuatan bakso adalah protein dan zat besi. Penambahan rumput laut ini sebagai alternatif untuk mengurangi komposisi daging dan dapat mengurangi kekhawatiran akan penyakit tersebut. Selain itu juga agar bakso yang dihasilkan lebih kenyal baik dalam keadaan panas atau dingin serta tekstur bakso lebih lembut dibandingkan bakso pada umumnya. Penggunaan daging disini tidak sepenuhnya dihilangkan sehingga kandungan gizi dalam bakso tetap terjaga. Cara pembuatannya pun sama dengan bakso pada umumnya, hanya ditambahkan sedikit tepung karagenan dan rumput laut yang telah dicincang kasar.

Infografis Pembuatan Bakso Seaweed

Menurut mahasiswi Ilmu Kelautan tersebut, pengolahan rumput laut dalam bentuk bakso adalah salah satu inovasi produk olahan hasil perikanan dalam memenuhi penyediaan bahan makanan masyarakat. Bakso rumput laut ini adalah salah satu makanan siap saji yang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Untuk tetap menjamin kandungan protein dalam tubuh digunakan daging ayam atau daging ikan.

Bakso Seaweed

Edukasi pembuatan bakso seaweed dikemas dalam bentuk video tutorial yang kemudian diunggah di situs Youtube. Video tutorial tersebut dibagikan pula ke Ketua RT dan Ketua RW untuk disebarluaskan kepada warga. Brosur pembuatan bakso seaweed dibuat dan disebarluaskan kepada warga dengan harapan informasi edukasi ini dapat tersebar luas dan dikembangkan oleh warga dengan gaya dan inovasi masing-masing.

Pendistribusian Bakso Seaweed ke Ketua RT 07

Penulis: Vira Meillyana Mustofa

DPL: EKo Ariyanto, M.T.