Belajar Bahasa Inggris Online Dikala Pandemi? Siapa Takut! Mahasiswi Undip Ini Bisa Bantu Kamu!

Bekasi, (03/08/2021). Pandemi yang telah berlangsung selama setahun lebih tentu memberi banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat harus beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut. Salah satu dari sekian perubahan yang masyarakat alami ialah perubahan dalam bidang pendidikan. Selama berlangsungnya pandemi COVID 19, pemerintah menerapkan prosedur online school atau pembelajaran daring untuk anak-anak usia TK, SD, SMP, SMA maupun mahasiswa.

Pembelajaran daring ini atau online school tentu memiliki kelebihan dan kekuranganya sendiri. Salah satu kekurangan dari pembelajaran daring adalah kurang efektif dalam penyampaian materi sehingga banyak siswa yang tidak paham dengan apa yang mereka pelajari. Di lingkungan RT 01 Pondok Ungu Permai, Kaliabang Tengah, Bekasi Utara sendiri beberapa anak dan orangtua mengeluhkan bahwa materi pembelajaran sulit dipahami oleh siswa, terutama mata pelajaran Bahasa Inggris. Siswa hanya diberikan soal dan tugas tanpa adanya penjelasan lebih lanjut tentang materi yang dipelajari.  Hal ini sangat disayangkan karena dalam pembelajaran bahasa inggris sendiri ada begitu banyak faktor kemampuan yang harus diperhatikan seperti kemampuan menulis siswa (writing), kemampuan berbicara (speaking), kemampuan membaca teks bahasa inggris (reading), kemampuan mendengar (listening), serta pengetahuan siswa akan kosa kata-kosa kata (vocabularies) dan tata bahasa dalam Bahasa Inggris (Grammar).

Gambar I: Pelaksanaan Kegiatan Fun Learning English Club.

Hal ini memotivasi Elena, Mahasiswi Sastra Inggris Undip yang tergabung dalam tim II KKN Universitas Diponegoro periode 2021 untuk melaksanakan sebuah program yang berjudul ‘fun learning English club.’ Program ini dilaksanakan secara online melalui platform zoom pada tanggal 24 Juli – 25 Juli 2021 lalu dan diikuti oleh siswa usia sekolah dasar dari kelas 1 hingga kelas 6 SD.

Sesuai nama, program tersebut mengutamakan pembelajaran yang santai dan menyenangkan menggunakan games, quiz interaktif, dan design materi yang mencolok sehingga anak tertarik dengan materi yang dibahas. Selain itu, Elena juga membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis, berbicara, membaca, mendengar, dan pengetahuan kosa kata bahasa Inggris. Tiap anak mendapat giliran untuk membaca materi dan melakukan conversation atau percakapan dengan sesama untuk meningkatkan kemampuan bercakap. Materi yang diajarkan berbeda untuk jenjang kelas 1 2 3 dan jenjang 4 5 6. Walaupun pelaksanaan dilakukan secara daring, namun para peserta tetap antusias mengikuti kegiatan tersebut. “Yang paling aku senang dari pembelajaran nya soalnya ada quiznya.” Ujar Kevin (11), salah satu partisipan yang berusia kelas 6 sd. “Materi nya enggak ada yang bosenin, aku paling senang pas belajar tentang jenis-jenis pekerjaan dalam bahasa Inggris. Aku jadi tahu bahasa Inggrisnya dokter apa.” Ujar Fany (9), partisipan yang berusia kelas 3 sd.

Gambar II: Salah satu kegiatan Fun Learning English Club untuk kelas 4, 5 dan 6.
Gambar III: Salah satu kegiatan Fun Learning English Club untuk kelas 1, 2, dan 3.

Kegiatan di pertemuan terakhir diakhiri dengan pembagian sertifikat apresiasi sebagai wujud terima kasih dan pembagian masker untuk para partisipan sebagai bentuk kegiatan sosial masyarakat. Melalui program ini, para orang tua berharap anak mereka mampu lebih baik lagi dalam pelajaran Bahasa Inggris dan meningkatnya minat dalam mempelajari bahasa Inggris. Selain itu mereka juga berharap kegiatan online school atau pembelajaran jarak jauh mampu mengurangi angka penyebaran virus corona.

Gambar IV: Pembagian sertifikat apresiasi program fun learning english club dan masker gratis.


KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO PERIODE 2021.

Penulis: Elena Delvira Hamzah

Instagram: elenahamzah.kkn

Dosen Pembimbing Lapangan: dr. Siti Fatimah, M.Kes