MASYARAKAT DIGITAL ERA PANDEMI! Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Pemanfaatan Sipenduk Online Kabupaten Semarang

Ungaran (2/08/2021). Pelaksanaan program kerja kedua yang berkaitan dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu kesejahteraan masyarakat dimana salah satu indikator kesejahteraan masyarakat adalah dengan terpenuhinya pelayanan publik yang baik. Pandemi COVID-19 ini telah merubah sistem pemerintahan dimana sebelumnya pengajuan dokumen kependudukan dilakukan secara manual serta secara langsung dengan mendatangi kantor kependudukan atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil harus dilakukan secara online demi mencegah serta menekan angka penularan virus COVID-19 antara masyarakat dengan pegawai. Sebelum pelaksanaan program kerja kedua telah dilakukan perijinan kepada pemangku kepentingan (stakeholder) yang bersangkutan, yaitu kepada Ketua RT 13, Ketua PKK RT 13, serta menghubungi salah satu warga RT 12.

Realisasi program kerja kedua ini dengan melakukan sosialisasi pemanfaatan website Sipenduk Online Kabupaten Semarang dalam pengajuan Kartu Identitas Anak (KIA) yang telah dilakukan pada (2/08) dengan menggunakan metode door to door, adapun sasaran dari program kerja kedua ini adalah masyarakat yang memiliki anak yang berusia dibawah 17 tahun pada RW 06 dengan diwakilkan oleh dua orang ibu-ibu yang berasal dari PKK RT 13 dan satu orang ibu yang berasal dari PKK RT 12, pelaksanaan program dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan himbauan Ketua RW 06. Selama program kegiatan berlangsung dilakukan sesi tanya jawab serta diskusi mengenai alur pengajuan dan syarat-syarat yang diperlukan, selain itu dalam pelaksanaan program kerja juga dilakukan pembagian masker, vitamin C, serta hand sanitizer guna menjaga imunitas serta kesehatan masyarakat dan agar terhindar dari virus COVID-19.

Harapan dari program kerja kedua ini adalah masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah, mempermudah pemerintah dalam mendata administrasi kependudukan sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang tertib administrasi kependudukan, dapat melakukan pengajuan serta pencetakan dokumen kependudukan secara mandiri ditengah pandemi COVID-19, selain itu dengan partisipasi masyarakat dalam penggunaan website pemerintah juga merupakan salah satu bentuk keberhasilan pemerintah dalam pelaksanaan E-Government, dimana masukan masyarakat juga diperlukan dalam perbaikan serta peningkatan kinerja pemerintah dalam pelaksanaan E-Government.

Penulis : Aulia Rafi Al Kautsar (Ilmu Administrasi Publik 2018, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Editor : Abdi Sukmono, ST., MT