WASPADA COVID, MAHASISWA UNDIP BAGIKAN MODUL ANEKA OLAHAN REMPAH UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH !

Semarang, Kelurahan Tlogomulyo (24/07/2021) – Mahasiswi Program studi Teknologi Pangan Universitas Diponegoro Semarang, Fadia Aini Ardi (20) telah melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) kedua yaitu menyusun modul yang berjudul “Aneka Olahan Rempah untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Sebagai Upaya Pengendalian Covid-19” lalu membagikannya kepada warga  melalui PKK Kelurahan Tlogomulyo, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang untuk meningkatkan imunitas warga sebagai upaya pengendalian Covid-19. Program tersebut dilakukan secara monodisiplin di lingkungan tempat KKN selama enam minggu.

Rempah merupakan tanaman yang memiliki aroma kuat yang digunakan dalam jumlah kecil pada produk sebagai pelengkap masakan untuk meningkatkan citarasa dan mengawetkan produk. Disamping itu, rempah memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh seperti memiliki komponen antimikroba, sebagai sumber antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit dan dapat bersifat sebagai imunomodulator yang meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa jenis rempah yang dapat meningkatkan imunitas tubuh yaitu jahe, serai, temulawak, kunyit, dan meniran.

Mengetahui rempah – rempah kaya akan manfaat bagi kesehatan, mahasiswi Teknologi Pangan Universitas Diponegoro, Fadia (20) menyusun modul penjelasan mengenai rempah – rempah dan aneka olahan rempah baik makanan maupun minuman yang dapat dijadikan sebagai refrensi menu masakan sehari – hari di rumah agar kesehatan tubuh selama pandemi Covid – 19 selalu terjaga. Menu – menu makanan dan minuman tersebut juga dapat dijadikan ide bisnis untuk usaha sampingan bagi warga sekitar. Beberapa menu yang terdapat di dalam modul yaitu bir pletok, sinom rempah, bandrek rempah, nasi kunyit jahe, tepung jahe daun kelor, nasi goreng rempah, nasi kunyit jahe dan gulai tahu kapulaga.

“Isi modulnya bermanfaat, tulisannya mudah dipahami, desainnya menarik dan berwarna serta menu – menunya kelihatan enak jadi ingin dicoba dirumah”, ujar salah satu ibu PKK yang hadir di Kelurahan Tlogomulyo, Ibu SR (56).

Modul yang dibagikan kepada ibu PKK kelurahan Tlogomulyo sebanyak 25 modul. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih paham manfaat rempah bagi kesehatan serta mencoba menu – menu yang sudah tertulis dan bisa dijadikan sebagai ide dalam usaha sampingan ibu rumah tangga.

Penulis : Fadia Aini Ardi

Editor : Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.T