Demi Mencapai Sehat Mental, Mahasiswi Undip Ajak Warga Menerapkan Dukungan Psikologis Awal kepada Sesama

Bendan Duwur, Semarang (3/8) — Seperti yang kita tahu, sudah lebih dari setahun pandemi COVID-19 terus menyelimuti Tanah Air tercinta. Tidak hanya bidang ekonomi dan kesehatan, pandemi juga memberikan dampak negatif pada aspek psikologis manusia. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan warga RT01/RW07 Kelurahan Bendan Duwur, warga menyampaikan bahwa kondisi ini telah membatasi interaksi sosial warga dengan orang lain sehingga intensitas bertemu pun berkurang. Ada juga yang menyampaikan menjadi mudah jenuh di rumah karena merasa “terkurung” dalam waktu yang cukup lama.

Melihat permasalahan itu, mahasiswi TIM II KKN Undip 2021 berencana melakukan sebuah program berupa edukasi kepada warga mengenai dukungan sosial berbasis Dukungan Psikologis Awal. Pendekatan ini dianggap tepat karena menekankan prinsip lihat, dengarkan, dan hubungkan sehingga orang terdekat tidak merasa ditekan. Tujuan dari edukasi ini sendiri adalah agar warga sadar bahwa saling membersamai dan menguatkan serta hadir bagi satu sama lain adalah cara terbaik untuk melawan dampak psikologis dari pandemi.

Program ini dilaksanakan secara door-to-door dengan membagikan booklet berisikan informasi dukungan sosial berbasis Dukungan Psikologis Awal (DPA) pada tanggal 31 Juli 2021 kepada warga RT01/RW07 Kelurahan Bendan Duwur. Sebelumnya, pada tanggal 24 Juli 2021, telah dilakukan jajak pendapat sebagai bentuk pre-test program dimana warga diminta kesediannya untuk mengisi kuesioner serta kesediaan untuk mengikuti program sosialisasi nantinya. Lalu pada tanggal 1 Agustus 2021, dilakukan post-test untuk mengukur keberhasilan program.

Program ini dibuat dengan harapan agar warga semakin sadar akan pentingnya menjaga satu sama lain, menguatkan satu sama lain, hadir dengan atensi penuh bagi satu sama lain. Karena pada akhirnya, entah siapa yang kita miliki jika bukan diri kita sendiri dan orang-orang terdekat. Sudah saatnya kita bersama-sama dan peka terhadap satu sama lain.

Penulis: Inas Shafira Prasasty
Dosen Pembimbing: Muhammad Zulfa Alfaruqy, S. Psi., M. A.