Informatif! Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Pentingnya Yoghurt Buah di Masa Pandemi

Cepoko (30/7) pada minggu ke IV salah satu mahasiswi Undip terjun langsung untuk melaksanakan program kerja “Pemanfaatan buah-buahan lokal Kel. Cepoko dalam pengolahan yogurt sebagai peningkat imun tubuh”. Program kerja ini berhubungan dengan SDG’s yang sedang gencar dibicarakan, yaitu Good Health Well Being, hidup sehat sejahtera. Terkhusus dimasa pandemi, imunitas perlu diperhatikan. Orang-orang enggan sakit, apalagi setelah tersebar informasi bahwa kasus Covid-19 Indonesia terus melunjak dan Rumah Sakit sedang kepayahan untuk menampung masyarakat yang terinfeksi virus ini

Memperkuat sistem imun tubuh merupakan cara yang memungkinkan untuk menangkal penularan virus ini dan berbagai penyakit lainnya. Ada beberapa cara alami agar sistem imun atau daya tahan tubuh tetap terjaga yaitu dengan mengonsumsi suplemen maupun mengonsumsi pangan fungsional sebagai penunjang daya tahan tubuh. Salah satu jenis pangan fungsional tersebut adalah probiotik, contohnya yaitu yoghurt. Yoghurt probiotik memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah cukup. Probiotik dalam yoghut memberi manfaat dalam meningkatkan kesehatan tubuh seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki penyerapan gizi dan menjaga sistem pencernaan tubuh.

Media Poster Pengolahan Yoghurt Buah

Buah-buahan dengan mudah ditemukan di cepoko karena berdasarkan haisl survey lokasi, dipekarangan rumah warhga banyak ditanami buah-buahan lokal yang tentunya mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh. Buah-buahan ini bisa dimanfaatkan sebagai campuran yoghurt probiotik dalam menunjang citarasa dan juga memberi manfaat baik. Beberapa buah-buahan seperti manga, pepaya mengandung flavonoid dan betakaroten yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Sama seperti program pertama, sosialisasi ini juga dilakukan secara langsung melalui pintu kepintu. Tidak lebih dari 3 orang, sesuai anjuran prokes dengan masker dan social distancing. program ini dijelaskan dengan secarik poster yang berisi informasi manfaat yoghurt dan pengolahan yoghurt dengan campuran buah-buahan. Beberapa orang kami ajak berdiskusi singkat dan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Sosialisasi Program Kerja
Sosialisasi Program Kerja

“Apakah aman kalau anak kecil mengonsumsi yoghurt?” tanya seorang ibu berusia 30-an. Tentu saja yoghurt aman dikonsumsi, terlebih jika ada tambahan buah-buahan manis maka akan semakin disukai.

Sosialisasi berlangsung dan kemudian berakhir ditutup dengan dokumentasi. Harapan warga selalu sama, pandemic berakhir dan aktivitas dapat dilakukan seperti biasa. Menjaga kesehatan imun itu juga penting, konsumsi yoghurt bisa jadi salah satu solusi.

Penulis: Ken Ayu Rahmaningrum