Pembuatan desinfektan dari bahan sederhana, dijamin mudah dan praktis

Penyerahan desinfektan dan buku saku kepada Bapak lurah dan Ketua PKK
Kelurahan Bulusan

Semarang (24/8) – Kesehatan merupakan hal yang terpenting dimasa pandemi. Masyarakat harus menerapkan gerakan 5 M ( Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas). Tapi tidak hanya itu saja, untuk menjaga kesehatan juga diperlukan penyemprotan desinfektan di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kami dari kelompok 7 KKN Tim II Bulusan 2021 mencetuskan proker berupa pembuatan desinfektan.

Pembuatan desinfektan

Apa itu desinfektan? Desinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk menghambat atau membunuh mikroorganisme pada permukaan benda mati. Semakin meningkat nya kasus covid-19 maka kita harus memiliki desinfektan sendiri di rumah. Tapi tenang, kita tidak harus terus membeli desinfektan yang sudah jadi. Kita juga bisa membuatnya sendiri loh…

Caranya adalah

  1. Siapkan alat berupa sprayer, ember dan gayung.
  2. Siapkan juga bahan berupa pemutih pakaian dan air
  3. Campurkan pemutih pakaian sebanyak 30 ml atau 4 tutup botol kedalam 1 liter air
  4. Aduk sampai merata
  5. Masukkan cairan desinfektan kedalam sprayer
  6. Desinfektan sudah jadi dan siap digunakan

Pembuatan desinfektan tidak hanya menggunakan pemutih pakaian saja tetapi juga bisa menggunakan pembersih lantai (30 ml per 1 liter air) dan antiseptik (50 ml per 1 liter air).

Sosialisasi pembuatan desinfektan menggunakan media sosial berupa grup WA dimana video pembuatan akan di share dan akan ada sesi tanya jawab.

Selain itu, untuk melengkapi desinfektan. Kami kelompok 7 KKN Tim II Bulusan 2021 juga membuat buku saku, dimana berisi mengenai pencegahan covid, sosial distancing, penggunaan masker double ciri sembuh dari covid. Selain itu ada juga ciri dari OTG, ODP dan PDP.

Pebjelasan mengenai Covid di Buku Saku

Sangat mudahkan cara pembuatannya…Yok tunggu apalagi, silahkan dicoba

#KKNtim2periode2021

#p2kknundip

#lppmundip

#undip

Nama : M.Islachuddin
NIM : 26020118120008
DPL : Priyo Sidik Sasongko, S.Si., MKom

Refrensi :
https://m.youtube.com/watch?v=xMT5Y_QDrB4

https://amp.kompas.com/tren/read/2020/03/30/054700165/membuat-disinfektan-sendiri–cara-bahan-dan-hal-yang-harus-diperhatikan