Lindungi Keluarga dari Covid-19, Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi Warga Tingkatkan Imun Tubuh Di Masa Pandemi

Kartikajaya, Patebon, Kendal (23/7/2021) – Penyebaran virus corona belum juga mereda sejak pertama kali masuk ke Indonesia pada Maret 2020. Meskipun telah ada kebijakan vaksinasi namun jumlahnya belum mencukupi. Disamping itu juga, virus corona pun bermutasi menjadi varian delta yang ditemukan di India. Covid-19 varian delta dikatakan lebih cepat penularannya dibandingkan varian lainnya. Bahkan, akhir-akhir ini penyebaran Covid-19 di Indonesia kembali melonjak tinggi, khususnya wilayah Jawa dan Bali. Hingga akhirnya dikeluarkan kebijakan PPKM Darurat Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 15 Tahun 2021 mulai tanggal 3 sampai 20 Juli 2021. Akan tetapi, itu terus diperpanjang sedikit demi sedikit hingga 2 Agustus 2021.

Kondisi masyarakat di tengah masa PPKM banyak yang melakukan isolasi mandiri baik itu karena terkonfirmasi positif Covid-19 ataupun ataupun sakit demam/flu. Bertepatan dengan adanya PPKM sekaligus menghindari kerumunan, mahasiswa KKN Undip mengadakan sosialisasi secara daring melalui Whatsapp Group pada 23 Juli 2021 lalu. Peserta sosialisasi dalam grup tersebut adalah ibu-ibu PKK Desa Kartikajaya. Mahasiswa KKN mengajari pentingnya meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghalau tertular Covid-19 dengan makanan bergizi melalui poster infografis. Ibu-ibu PKK sangat tertarik dan antusias mengikuti sosialisasi ini, karena makanan merupakan kebutuhan dasar dalam kehidupan sehari-hari.

Sosialisasi daring via Whatsapp, Ibu-ibu PKK sangat antusias

Umumnya penyakit akibat virus itu mengandalkan kekuatan pertahanan tubuh, sehingga dengan daya tubuh yang kuat dapat mencegah tertularnya infeksi virus. Jadi, dengan adanya edukasi ini diharapkan masyarakat Desa Kartikajaya dapat mengatur pola makan yang sehat dengan asupan nutrisi yang cukup. Terutama dimasa pandemi ini kita harus perbanyak konsumsi buah dan sayur. Karena buah dan sayur banyak mengandung vitamin, khusunya vitamin A, C, E, serta serat dan mineral yang berperan aktif dalam meningkatkan daya tahan tubuh kita. Selain makanan sehat, lengkapi juga dengan istirahat yang cukup, olahraga dan cukup terpapar sinar marahari. Serta, tetap menjaga jarak fisik dengan orang lain dan menjaga pola hidup bersih dan sehat. Dengan begitu, kita sudah berupaya untuk melindungi keluarga dari Covid-19.

Penulis: Ilham Al Majiid – FEB UNDIP 2018

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Agus Suherman, S.Pi., M.Si.