Pleburan Sehat! Penempelan Poster PHBS di Masa Pandemi oleh Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro

Kelurahan Pleburan, Semarang (4/08) – Mahasiswa Universitas Diponegoro sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode II tahun 2021. Kegiatan KKN kali ini mengambil tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”. Kegiatan KKN dilaksanakan secara individu di kampung masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tujuannya untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Salah satu mahasiswa Kimia UNDIP, Fitria Izza melaksanakan KKN di Kelurahan Pleburan, Semarang. Pada hari Selasa, 3 Agustus 2021 telah selesai melaksanakan program kerja kedua berupa sosialisasi “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Masa Pandemi”. Sosialisasi disajikan dalam bentuk poster, dengan tujuan untuk mengurangi kerumunan dan kontak langsung dengan masyarakat Pleburan. Poster dibuat dalam desain yang menarik, diselesaikan dalam waktu 3 hari.

Penempelan poster dilakukan di lingkungan sekitar RW 3 atas izin Bapak Winardi, Ketua RW 3 Kelurahan Pleburan. Program kerja dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan berupa memakai masker dan tetap menjaga jarak antar individu. Penempelan poster juga dilakukan di papan informasi di kantor kelurahan bersama Bapak Sigit selaku lurah Desa Pleburan.

Di masa pandemi yang kasusnya kian meningkat ini, masyarakat justru mulai merasa bosan dan tidak sedikit yang mulai acuh terhadap protokol kesehatan. Sehingga dengan adanya program kerja ini, diharapkan masyarakat RW 3 Kelurahan Pleburan dapat membaca, mengingat, dan menerapkan kembali perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi dalam kehidupan sehari-hari, dan bersama-sama menuju Pleburan Sehat!!!! 🙂

Penulis : Fitria ‘Izzatun Nisa/ Kimia 2018/ FSM UNDIP

Dosen Pembimbing : Ir. Sutarno, M.S