Mahasiswa KKN Undip Memberikan Edukasi Digital Marketing Melalui Social Media Marketing dan Penggunaan Website Design “Canva” Untuk Membantu Mitra UMKM

Palembang (04/08) Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat, Perluasan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang tak kunjung usai membuat kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilakukan secara daring. Hal ini membuat mahasiswa lebih banyak melihat ke lingkungan sekitar yang mungkin selama ini tidak terlalu memperhatikan, menjadi lebih peka terhadap permasalahan yang ada. Angka pasien Covid-19 sendiri masih tinggi di Palembang, berdasarkan data terakhir yang di dapat mencapai 46.214 orang dengan kasus positif sebanyak 25.370 kasus.

Banyak pihak mengalami tahun yang sulit, tak terkecuali UMKM. Pemerintah pun tak tinggal diam dengan keadaan ini dan berusaha dengan memberikan bantuan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) secara berkala. Semakin tidak menentunya kapan berakhirnya pandemi ini, masyarakat harus melakukan inovasi dan manuver di dalam mempertahankan usaha. Dengan cara apa? Tentunya bisa memanfaatkan tools yang disediakan sosial media untuk memasarkan produk mereka. Selain sosial media, bisa menggunakan website gratis untuk mengedit desain dengan mudah seperti Canva.

Dari isu tersebut, saya Kasih Ramadhani mahasiwa KKN Tim II Universitas Diponegoro Periode 2020/2021 yang mengusung tema Sinergi Perguruan Tinggi Dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan (SDGs). Dengan hal ini, saya melakukan kerja sama dengan salah satu UMKM yang ada di sekitar tempat tinggal saya, yakni Kecamatan Sukamarami, Kelurahan Sukajaya, Kota Palembang. Pertama-tama saya melakukan pembuatan konten, materi dan buku saku terlebih dahulu agar dapat dipresentasikan kepada UMKM tersebut. Kemudian, materi pertama yang saya berikan adalah “Digital Marketing Untuk UMKM” yang mana saya akan menjelaskan terlebih dahulu strategi digital marketing apa saja yang cocok untuk UMKM. Lalu, pengoptimalan platform yang digunakan untuk digital marketing. Terakhir, konten untuk Instagram (penulis memilih Instagram karena memang mencakup semua kalangan dan bisa dikembangkan).

A picture containing graphical user interface

Description automatically generated
Kegiatan Pertama

Lalu, kegiatan kedua yang saya lakukan adalah edukasi dan memberikan tutorial mengenai “Canva Tips” yang mana Canva adalah alat yang dapat digunakan dengan mudah, karena banyak sekali fitur-fitur gratis dan template menarik tanpa perlu takut dianggap plagiasi. Adapun isi dari materi edukasinya adalah cara menggunakan Canva dari step pertama hingga penyimpanan.

A picture containing text, screenshot, electronics, display

Description automatically generated
Kegiatan Kedua

Kegiatan terakhir yang saya lakukan adalah ‘memberikan edukasi mengenai “12 Tips Instagram dan 4 Metode Copywriting Yang Menarik” highlight dari edukasi tentang tips penggunaan Instagram adalah optimasi identitas merek bisnis kita di Instagram agar lebih dikenal konsumen, kemudian menggunakan copywriting yang bukan hanya memiliki “isi” tetapi juga eye catching karena pemilihan kata yang tidak biasa.

Text

Description automatically generated
Kegiatan Ketiga

Setelah dilakukannya edukasi kepada UMKM, inti sari dari semua materi yang diberikan adalah sangat penting untuk tahu siapa yang kita tuju dan perlunya mengikuti perkembangan zaman agar bisnis kita dapat berkembang dan memperluas usaha yang telah ada. Tanggapan dari ibu Indah selaku pemilik UMKM rice bowl juga mengatakan bahwa memang Instagram sangat diperlukan agar dapat memasarkan usaha secara luas. Penulis sangat mengapresiasi partisipasi UMKM dan di akhir kegiatan KKN ini penulis memberikan sertifikat kenang-kenangan sebagai ucapan terima kasih.

Graphical user interface

Description automatically generated
Pemberian Kenang-Kenangan

Penulis : Kasih Ramadhani

Dosen Pembimbing : Karnoto, S.T,.M.T