Manfaatkan Instagram, Mahasiswa Undip Bantu Optimalkan Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Informasi dan Pelayanan Publik di Tengah Pandemi

Universitas Diponegoro tetap melangsungkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) dengan pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di daerah masing-masing dengan mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat  di Masa Pandemi Covid-19 berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”.

Meskipun demikian Kuliah Kerja Nyata kali ini masih mempunyai tujuan yang sama yaitu pengabdian kepada masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni-12 Agustus dengan total waktu 45 hari dilaksanakan mahasiswa Undip di berbagai daerah di Indonesia dan salah satunya berada di Desa Kemambang, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Memperoleh informasi dan pelayanan publik dengan mudah merupakan salah satu bentuk upaya dalam mewujudkan pemerintahan yang baik. Seiring berkembangnya teknologi informasi yang kian pesat dan meningkatnya jumlah pengguna internet, media sosial telah bertransformasi sebagai salah satu sumber informasi yang paling akrab dan mudah diakses bagi masyarkat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, membuat pemerintah dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk memberikan akses informasi dan pelayanan publik kepada masyarakat.

Sekarang ini pemerintah tidak hanya menggunakan website melainkan media sosial. Beberapa jenis media sosial yang dikenal oleh masyarakat dan salah satunya adalah Instagram. Sosial Media Instagram memberikan banyak fitur yang dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh masyarakat luas maupun instansi pemerintahan sebagai sarana penyampaian informasi serta komunikasi.

Di tengah pandemi Virus Covid-19 ini menutut perubahan dan efektifitas dalam penyampain informasi dan komunikasi kepada masyarakat. Oleh Karena itu Alvi Sinthya (21) Mahasiswa KKN Undip memberikan sebuah inovasi sebagai sebuah peningkatan performa dalam penyampaian informasi dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Hal tersebut bertujuan agar tercipatanya sebuah komunikasi yang terbuka antar masyarakat berkaitan dengan fenomena yang sedang terjadi terlebih info yang berkaitan dengan pandemic Covid-19. Selain menunjukan informasi yang berkaitan dengan pandemic covid-19 sisi lain yang tidak ketinggalan ditunjukan adalah branding dari Desa Kemambang yang memiliki potensi yang sangat melimpah.

Program dilaksanakan pada minggu ke-3 KKN berlangsung, dimulai dengan melakukan perijinan kepada Kepala Desa dan dilanjutkan dengan membuat akun Instagram Desa serta mendesain feeds konten yang akan dibagikan. Penguploadan Konten di akun Instagram Desa dimulai dengan mengupload branding Desa Kemambang dan selanjutnya berbagai informasi yang berkaitan dengan pandemic Covid-19. Untuk memperkenalkan akun baru tersebut mahasiswa mengajak masyarakat untuk mengikuti akun Instagram tersebut baik melalui personal chat maupun melalui WhatsApp Grup.

Dari hari ke hari pengikut Instagram Desa Kemambang semakin bertambah dan menandakan bahwa terdapat antusias dari masyarakat dari adanya akun tersebut. Walaupun bukan merupakan akun utama Pemerintah Desa Kemambang, namun diharapkan akun tersebut dapat membantu keberjalanan segala kegiatan yang ada di Desa Kemambang dengan memfokuskan pada peningkatan infromasi Covid-19 dan tentunya branding desa yang dikemas secara apik melalui akun Instagram desa kemambang. Dengan terlaksanannya program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat serta memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat tekhusus yang ada di Desa Kemambang.

Penulis : Alvi Sinthya

DPL : Agus Naryoso., S.Sos., M.Si