Tetap Waspada Terhadap Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Mengedukasi Masyarakat Kelurahan Gung Negeri Berdasarkan Surat Edaran Bupati Karo Nomor 013 Tahun 2020 Terkait Pencegahan Dan Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Penyebaran Covid-19 Secara Door To Door

Mengedukasi Secara Door To Door

Kabanjahe, Kelurahan Gung Negeri (24/07/2021) – Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2020/2021 kali ini melaksanakan KKN berbeda dengan KKN yang sebelumnya, yakni KKN Pulang Kampung. Dimana hal ini karena adanya situasi Pandemi Covid-19 sehingga melaksanakan KKN yang berbeda tanpa mengurangi esensi dari KKN. Pandemi Covid-19 pada saat sekarang ini sangat memunculkan banyak perbedaan dari segala aktivitas yang dilakukan oleh setiap individu. Ketika ada aktivitas-aktivitas yang dilakukan diluar rumah, maka diwajibkan untuk mematuhi Protokol Kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi.
 
Salah satu Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2020/2021 tepatnya pada minggu ketiga KKN di Gg Tambun, Kelurahan Gung Negeri, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo melaksanakan Program Kerja “Edukasi Kepada Masyarakat di Gg Tambun, Kelurahan Gung Negeri Berdasarkan Surat Edaran Bupati Karo Nomor 013 Tahun 2020 Terkait Pencegahan Dan Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Penyebaran Covid-19 Secara Door To Door Guna Untuk Mengingatkan Mencuci Tangan dan Memakai Masker”. Mengingat masih sangat maraknya penyebaran Covid-19 serta masih banyaknya masyarakat yang lalai akan keadaan Pandemi Covid-19, maka dengan adanya pelaksanaan program ini dapat dilaksanakan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.
 
Mengedukasi masyarakat dilakukan dengan membagikan Poster serta mendatangi warga secara Door To Door dengan menerapkan Protokol Kesehatan. Dimana sasaran Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro yakni Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Gg Tambun, Kelurahan Gung Negeri. Program Kerja ini sangat penting untuk mengedukasi masyarakat khususnya di Gg Tambun, Kelurahan Gung Negeri karena pada kesehariannya masih banyak masyarakat yang lalai akan bahayanya Pandemi Covid-19, sehingga kurang peduli terhadap anjuran Protokol Kesehatan. Kemudian, Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro menjelaskan apa-apa saja yang ada di dalam Surat Edaran Bupati Karo, serta mengambil 5 poin penting dan menekankan bagaimana menggunakan masker yang benar serta bagaimana tahap mencuci tangan yang benar.

Poster Pencegahan dan Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Covid-19
 
Dengan adanya program KKN ini, Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro sangat mengharapkan agar adanya perubahan, khususnya rasa kepedulian masyarakat Gg Tambun, Kelurahan Gung Negeri agar mematuhi Protokol Kesehatan ketika melakukan aktivitas diluar rumah guna menjaga lingkungan sekitar serta dapat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19.
 
Oleh : Imka Ovarika (Fakultas Hukum Universitas Diponegoro)
Dosen Pembimbing : Nenik Woyanti, S.E., M.Si.