MESKIPUN DARING, MAHASISWA INI MEMBUAT BELAJAR BAHASA INGGRIS MENJADI MUDAH, SIMPLE, DAN MENYENANGKAN!!!

dokumentasi saat penyampaian materi

Cilacap. Dimulai tanggal 30 Juni 2021, seorang mahasiswi dari jurusan S1 Sastra Inggris Universitas Diponegoro, Annisa Nur Aeni (21), melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di RW 14 Kelurahan Sidanegara sebagai persyaratan untuk kelulusannya.

Sebagai seorang mahasiswi Sastra Inggris, sebuah kewajiban untuk membuat program kegiatan yang se-linear dengan jurusannya. Dalam hal ini, Annisa membuat program untuk remaja-remaja di RW 14 yang bertemakan “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris pada Remaja”. Program yang memiliki tujuan untuk menghilangkan stigma pelajar bahwa bahasa inggris itu sulit,  telah  diikuti oleh 10 partisipan dan dilakukan secara daring mengingat bertambah parahnya kondisi pandemi Covid-19. Program ini terdiri dari penyampaian materi, cara mudah memahami materi, latihan soal, teka-teki silang berbahasa inggris, dan membagikan poster tentang memakai masker double di Whatsapp-story menggunakan caption bahasa inggris yang dilaksanakan mulai dari tanggal 17-20 Juli 2021 dan 26 Juni 2021.

Materi pertama yang disampaikan yaitu tentang preposition in, on, dan at. Materi ini dipilih karena dalam mengungkapkan sebuah ungkapan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris tidak pernah terlepas dari penggunaan preposisi. Harapannya dengan memahami materi ini, partisipan dapat mengetahui kapan dan bagaimana harus menggunakan preposisi in, on, dan at.

Dilanjutkan dengan menyampaikan materi tentang Tenses. Tenses yang diajarkan tidak semua jenis tenses yang ada dalam Bahasa Inggris, melainkan hanya beberapa tenses saja yang memang paling sering digunakan dalam Bahasa Inggris, yaitu sebagai berikut.

Dari setiap sesi penyampaian materi selesai, maka dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal di google form untuk mengevaluasi apakah mereka sudah memahami materi atau belum. Selanjutnya untuk meningkatkan vocabulary mereka, maka diberikanlah Teka-teki Silang berbahasa Inggris. Dimana dengan mengisikan jawabannya di setiap kotak akan membantu mereka mengingat kosakata baru yang mereka ketahui.

Kegiatan ini pun ditutup dengan pembuatan caption berbahasa inggris untuk poster tentang double masker yang diunggah di Whatsapp-story. Harapannya, dengan adanya kegiatan ini minat para remaja untuk belajar Bahasa Inggris pun meningkat dan dapat memberikan wawasan yang lebih luas.

salah satu screenshot poster yang dibagikan oleh partisipan melalui whatsapp-story

Ditulis oleh :

KKN Tim II Universitas Diponegoro

Annisa Nur Aeni Lestari (13020118120001)

Sastra Inggris/ Fakultas Ilmu Budaya

DPL : Dr. Rr. Karlina Aprilia, SE., M.Sc., Akt