Geliatkan Perekonomian di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN Undip Edukasikan Branding dan Pengelolaan Konten SOSMED untuk UMKM
Bantul (04/07/2021), Pandemi covid-19 ini memaksa kita untuk mengurangi mobilitas dan interaksi dengan orang lain. Hal ini tentu berdampak pada usaha kecil masyarakat yang lebih benyak berinteraksi dengan orang lain. Tidak terkecuali bagi usaha-usaha kecil yang ada di Dusun Kembaran seperti Batik Parahita, Hansa Studio, Aris Sablon, Toko Aquarium dan masih banyak usaha kecil lainnya. Mereka mengaku jika produk yang terjual menurun akibat pandemi yang masih berlangsung ini.
Ade Yayang Saputra, Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro yang juga anggota Tim II KKN Undip 2021 melakukan sosialisaasi dan edukasi branding dan pengelolaan konten media sosial dengan beberapa warga Kembaran RT 01 dan RT 02 yang memiliki usaha kecil. Kegiatan ini dilakukannya dalam upaya memaksimalkan potensi usaha kecil masyarakat di era pandemi covid-19.
Rangkaian kegiatan sosialisasi dan edukasi ini dilakukan secara daring melalui grup WhatsApp yang telah dibuat dan secara tatap muka dengan partisipan yang terbatas yaitu hanya 4 orang saja dan menjalankan protokol kesehatan. Pembatasan ini juga dilakukan mengingat penyebaran virus covid-19 yang belum mereda khususnya di Dusun Kembaran.
Sosialisasi dan Edukasi yang dilakukan menyinggung masalah branding usaha kecil, copywriting, pengelolaan konten sosial media berwujud foto dan video, marketplace dan lainnya.
“Saya sangat menikmati sosialisasi yang dilakukan Ade terkait pemanfaatan internet dan media online. Informasinya cukup mencerahkan dan memberikan opsi lain dalam memamerkan produk. Saya sendiri sebenarnya sudah punya akun Instagram untuk memamerkan jualan saya, tapi ternyata masih banyak yang perlu diperhatikan. Terimakasih” ungkap Wiyanto, salah satu partisipan.
#abdisukmono #lppm #undip #kkntimii