Gim Edukasi Varian Delta “GURU SEMAR” mendapat Sambutan Baik Warga, Alasannya?

Kotesan (4/8). Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di tengah pandemi membutuhkan usaha ekstra tersendiri bagi para mahasiswa. Terlepas dari kesulitan yang ditemui dalam menyelenggarakan kegiatan KKN, mengingat pelaksanaan KKN tidak dapat dilakukan secara langsung atau tatap muka dengan warga, mahasiswa kini dituntut untuk menciptakan program kerja yang mana tepat sasaran dan berkelanjutan pada pandemi ini.

Menghadapi tantangan situasi, kondisi, serta tuntutan atas program kerja yang berkelanjutan, gim edukasi berbasis online “GURU SEMAR” hadir menjawab segala pertanyaan-pertanyaan tersebut. Gim edukasi yang menjadi program kerja ini dirilis pada Senin (26/7) dengan sasaran peserta tiap kalangan usia warga Desa Guwo, Kelurahan Kotesan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Program Kerja II berupa perilisan gim edukasi mengenai Covid-19 Varian Delta yang dapat diakses oleh setiap kalangan usia memberi dampak nyata yang langsung diterima warga desa. Perisilan gim edukasi didahului dengan pemaparan materi secara garis besar yang kemudian disambung dengan perilisan gim edukasi “GURU SEMAR”. Peluang pemanfaatan gim edukasi sebagai sarana penyebaran informasi untuk kemudian dimanfaatkan oleh warga secara berkelanjutan begitulah besar.

Tampilan laman website GURU SEMAR, bagian Tentang

Pada link “GURU SEMAR”, telah dicantumkan link yang mengarahkan warga pada materi dalam bentuk soft file yang dapat diunduh oleh kapanpun dan siapapun. Warga juga diarahkan untuk bertanya melalui link tanya jawab yang pula berada dalam gim tersebut. Materi berbentuk soft file dapat diakses oleh warga secara berkelanjutan dan tidak merepotkan pihak manapun, mengingat materi-materi tersebut dapat secara mudah disimpan di perangkat elektronik yang digunakan sehari-hari.

Eni Astuti, seorang lansia dari Desa Guwo, menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah diberi kesempatan menambah ilmu dari adanya gim edukasi “GURU SEMAR”.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh salah satu lansia

“Materi (dalam web gim edukasi) sudah sangat lengkap,” puji Eni. Beberapa warga menyampaikan rasa terima kasihnya serta menyampaikan harapannya agar pelaksanaan kegiatan KKN ini lancar, sehingga warga dapat memperoleh informasi mengenai eksistensi Covid-19 Varian Delta, serta memiliki sarana dalam menambah ilmu di tengah pandemi.

Penulis : Raden Roro Hanny Alfi Syahrin Rahazade / Fakultas Hukum – Hukum S1 / KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2021
Lokasi : Desa Guwo, Kelurahan Kotesan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
DPL : Susatyo Nugroho Widyo Pramono, S.T., M.M.