Asyiknya Belajar Sains dengan “Eksperimen Kimia di Sekitar Kita” untuk Atasi Kejenuhan Pembelajaran Daring
Magelang (4/8) – Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama kurang lebih 1 tahun. Hal ini telah mengubah berbagai sektor kehidupan masyarakat, salah satunya bidang pendidikan. Sebelum adanya pandemi, pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Namun adanya kondisi ini mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring melalui gadget. Tidak dapat dipungkiri, pembelajaran daring ini menimbulkan kejenuhan bagi siswa. Selain itu, penggunaan gadget dalam pembelajaran menimbulkan ketergatungan anak terhadapat gadget. Hal ini tentu berdampak buruk bagi anak-anak. Oleh karena itu, Fitri Lafifa, mahasiswa KKN Undip membuat program kerja edukasi ilmu kimia dengan “Eksperimen Kimia di Sekitar Kita” sebagai ajang belajar sains serta hiburan bagi anak-anak di masa pandemi.
Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 1 Agustus 2021 bersama siswa sekolah dasar yang berada di lingkungan RW 1, Dusun Genito Kidul, Desa Genito. Sejumlah 7 orang siswa hadir untuk mengikuti edukasi ini. Terdapat 2 ekperimen yang dilakukan. Eksperimen pertama berjudul “Meniup Balon dengan Botol”. Mula-mula soda kue dimasukkan dalam balon, kemudian pasang balon pada botol yang sudah terisi asam cuka. Kemudian, anak-anak menuangkan soda kue tersebut dalam botol. Percobaan ini didasarkan pada reaksi antara cuka dengan soda kue yang menghasilkan karbon dioksida. Gas karbondioksida yang terbentuk inilah yang dapat mengembangkan balon.
Eksperimen kedua berjudul “Jembatan Warna”. Eksperimen ini cukup sederhana. Anak-anak menyiapkan beberapa gelas kosong dan gelas berisi air berwarna. Kemudian dimasukkan tisu diantara gelas-gelas tersebut. Perlahan air dari gelas akan berpindah ke gelas lainnya dengan perantara tisu. Hal ini disebut dengan peristiwa kapilaritas. Anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti edukasi ini. Selain mengadakan edukasi, mahasiswa yang akrab disapa Fitri ini juga membagikan booklet serta video yang berisi prosedur eksperiman agar anak-anak dapat mencobanya di rumah.
Dengan adanya kegiatan ini, anak-anak dapat mengenal sains secara menyenangkan. Pengenalan sains sejak dini dapat meningkatkan cara berpikir anak untuk dapat lebih kritis, kreatif, serta dapat mengeskplorasi fenomena sains dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ekperimen ini dapat mengurangi kejenuhan anak dikala belajar dalam masa pandemi.
Reporter: Fitri Lafifa | Editor: Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum.