Pandemi Dorong Destinasi Wisata Kuliner di Jatingaleh Keluar dari Ketidakpastian

Gapura Kampung Tematik Kuliner RW 02 Jatingaleh

Kampung Tematik Kuliner RW 02, Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang merasakan dampak dari pandemi Covid-19 yang hingga kini belum juga usai. Bagaimana tidak, kegiatan Pasar Kuliner yang menjadi jantung kehidupan dari Kampung Tematik Kuliner RW 02 terpaksa berhenti untuk sementara waktu semenjak adanya peningkatan kasus Covid-19 dan diberlakukannya kebijakan PPKM. Tidak hanya Pasar Kuliner, segala kegiatan promosi yang biasa dilakukan pun akhirnya juga ikut terhenti karena tidak adanya kegiatan lain yang berlangsung di Kampung Tematik Kuliner RW 02.

Melihat keadaan ini, Viviana Ardine M (21) salah satu mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro tahun 2020/2021 mengajak segenap pengurus Kampung Tematik Kuliner RW 02 untuk keluar dari situasi dan kondisi yang tidak pasti melalui pemanfaatan media sosial. Jika biasanya kegiatan promosi hanya dilakukan dari mulut ke mulut atau melalui broadcast whatsapp saja, maka kali ini Viviana Ardine mengajak para pengurus untuk berinovasi dengan melakukan kegiatan promosi rutin di media sosial Instagram. Ini bertujuan agar Kampung Tematik Kuliner RW 02 beserta para pelaku usaha di dalamnya dapat lebih dikenal dan menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Salah satu konten yang diunggah di akun @kampungkuliner.rw02

Kegiatan promosi yang dilakukan diawali dengan pembuatan akun resmi @kampungkuliner.rw02 di Instagram. Pembuatan akun resmi di Instagram ini bertujuan agar masyarakat luas bisa mengetahui update informasi seputar Kampung Tematik Kuliner RW 02 melalui satu pintu. Melalui akun resmi ini pula, pengurus Kampung Tematik Kuliner RW 02 bisa mengunggah berbagai bentuk konten promosi, baik berupa gambar ataupun video.

Tidak hanya Pasar Kuliner, Kampung Tematik Kuliner RW 02 sebenarnya menyimpan banyak hal-hal unik dan menarik lainnya yang dapat digali dan dijadikan sebagai konten promosi. Beberapa konten promosi yang sudah pernah diunggah meliputi lokasi, kegiatan yang ada di Kampung Tematik Kuliner RW 02, dan spot foto instagramable yang ada di Kampung Tematik Kuliner RW 02. Konten-konten yang sudah diunggah tersebut menjadi langkah awal bagi pengurus untuk dapat melanjutkan pembuatan konten-konten promosi menarik lainnya yang nantinya akan diunggah secara rutin melalui akun @kampungkuliner.rw02 di Instagram.

Pendampingan pengelolaan media sosial dan serah terima akun @kampungkuliner.rw02 kepada  Sekretaris Kampung Tematik Kuliner RW 02

Melalui inovasi dan semangat yang dibawa oleh Viviana Ardine, para pengurus Kampung Tematik Kuliner RW 02 berharap akun Instagram @kampungkuliner.rw02 dan berbagai konten promosi yang ada di dalamnya dapat membawa Kampung Tematik Kuliner RW 02 semakin dikenal oleh masyarakat luas dan menjadikan Kampung Tematik Kuliner RW 02 sebagai salah satu destinasi wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Para pengurus juga berharap akun Instagram @kampungkuliner.rw02 bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di Kampung Tematik Kuliner RW 02 untuk mempromosikan usaha mereka supaya lebih dikenal masyarakat luas. Pada akhirnya, meskipun kegiatan Pasar Kuliner berhenti untuk sementara waktu, kegiatan promosi Kampung Tematik Kuliner RW 02  masih dapat terus berjalan melalui pemanfaatan media Instagram di tengah situasi dan kondisi pandemi yang tidak pasti ini.

Viviana Ardine Mutiara KF
DPL : Laura Andri Retno Martini S.S., M.A.