MAHASISWI KKN UNDIP MEMBUAT LAYANAN ADMINISTRASI DESA SECARA ONLINE GUNA MENCEGAH PENULARAN COVID-19

Poster Pelayanan Online

Desa Putatsari, Grobogan (05/08/2021) – Pelayanan publik sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah pusat ataupun daerah dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang–undangan. Kantor Kelurahan Putatsari adalah merupakan satuan unit kerja pemerintah yang dinamis dalam menjalankan fungsinya sebagai pusat pelayanan diwilayahnya. Adapun jenis-jenis pelayanan di Kantor Kelurahan Putatsari diantaranya surat pengantar kartu tanda penduduk, surat pengantar kartu keluarga, surat keterangan usaha, surat keterangan domisili, surat keterangan kurang mampu, surat keterangan ahli waris, surat keterangan kepemilikan tanah, surat keterangan pemasangan listrik, surat keterangan kelahiran, surat keterangan penambahan nama di kartu keluarga.

Koordinasi dengan Pihak Desa Putatsari
Pemasangan Poster di Balai Desa Putatsari

Proses pelayanan pada Kantor Kelurahan Putatsari dapat dilihat dari pada staf / pegawai sebagai pemberi layanan pada kantor tersebut staf / pegawai yang merupakan tulang punggung dari pada satuan unit kerja pada kantor KelurahanPutatsari. Mengingat sangat pentingnya kualitas pelayanan terhadap peningkatan pelayanan pubik di Kantor Kelurahan Putatsari, maka dihadirkan pelayanan online yang dapat dengan mudah diakses masyarakat dimana saja dan kapan saja hanya dengan melalui LINK. Pelayanan online dimasa pandemi covid-19 ini sangat membantu staf / pegawai dan masyarakat dan dalam melalakukan pelayanan di Kantor Kelurahan Putatsari. Dan juga dapat mengurangi penyebaran Covid-19.

Penulis : Gina Setyaningtyas, Administrasi Publik, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, MM, MA